Berita :: GLOBALPLANET.news

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fauzia. (Foto: Rachmad Kurniawan)

16 Januari 2021 14:39:14 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fauzia mengatakan, untuk tahap pertama vaksinasi ada 16 Puskesmas di Kota Palembang yang telah disiapkan untuk menyuntikkan vaksin.

Meski ia tidak menyebut rincian dimana saja Puskesmas yang sudah dipastikan menerima vaksin. dr Sisi sapaan akrabnya memastikan hal tersebut. 

"Sekarang sudah 16 Puskesmas yang sudah terima vaksin dari 23.600 an dosis/vial vaksin yang kami terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel. Sistemnya ke Puskesmas dulu baru dibagikan ke Rumah Sakit," katanya, Sabtu (16/1/2021). 

Kota Palembang sendiri, kata dia, mendapatkan 23.600 vial dari 29.360. Artinya kurang 5.760 lagi, sisanya akan menyusul. 23 ribuan vial vaksin akan dibagikan kepada 14.403 tenaga kesehatan Kota Palembang. 

“Vaksinasi tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan kota Palembang sebanyak 14.403. Baik semua tenaga kesehatan dan non kesehatan dalam fasilitas kesehatan, " ujarnya. 

Setelah nakes, lanjut dia kemungkinan tahap selanjutnya adalah pelayanan publik salah satunya TNI-POLRI dan driver. 

"Belum tahu kapan tahap kedua, yang pastu selesai nakes baru penyuntikkan tahap kedua dengan sasaran yang berbeda," ungkap dia. 

Setiap penerima vaksin Covid-19 Sinovac mendapat jatah dua kali penyuntikkan, untuk dosis tambahan dijadwalkan akan datang 19 Januari nanti. 

Untuk di RSUD BARI Palembang sendiri, kata dia menambahkan, ada 747 tenaga kesehatan dan non kesehatan yang harus disuntik. 

"Artinya ada 1.494 dosis vaksin di RSUD BARI," tambahnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Erik Oktasubadra 95