loader

Warga PALI Masih Buang Sampah Sembarang

Foto

PALI, GLOBALPLANET. - Seperti dikatakan Amrin, salah satu pengendara sepeda motor dari arah Belimbing menuju Pendopo. Menurutnya pemerintah desa setempat harus menyiapkan tempat pembuangan sampah. 

"Imbas dari buang sampah sembarangan tentu sangat mempengaruhi keindahan lingkungan juga bau busuk menyengat mengganggu penciuman warga yang melintas di jalan ini. Untuk itu kami berharap pemerintah desa setempat menyediakan tempat pembuangan sampah agar warga ada sampah tidak berserakan," kata Amrin. 

Sementara itu, Menriadi Kepala Desa Talang Bulang membantah kalau pihak desa tidak menyiapkan tempat pembuangan sampah, bahkan pemerintah desa tersebut mengangkut sampah dari rumah ke rumah lalu membuang sampah ke tempat yang telah disiapkan. 

"Kami juga geram dengan oknum warga pembuang sampah. Tapi kami menduga sampah itu bukan dari desa kami, itu dari luar desa. Karena kami telah menganggarkan pengangkutan sampah melalui ADD, dengan rincian untuk operasional Rp 500 ribu, supir Rp 1 juta dan petugas yang memuat sampah juga Rp 1 juta per bulannya. Tempat pembuangan sampah kami siapkan lahan lebih kurang 1 hektar," terang Kades, Rabu (4/2/21).

Atas dasar itu, Menriadi menegaskan telah membuat peraturan desa atau Perdes yang akan menjerat hukum oknum pembuang sampah sembarangan di wilayah desa tersebut.

"Hukum yang berlaku kalau masih ada yang bandel membuang sampah sembarangan. Kami juga telah memerintahkan seluruh perangkat desa dan linmas bahkan masyarakat Talang Bulang agar menangkap siapa saja oknum pembuang sampah sembarangan, karena kami telah sering membersihkan sampah yang berserakan dipinggir jalan," tandasnya.

 

Share

Ads