Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Lahat, Cik Ujang SH memantau kondisi sanitasi di Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Kota Lahat. (Foto: Ist)

05 Februari 2021 11:09:00 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Sejumlah gerakan mulai dikeluarkan Bupati Lahat, Cik Ujang SH, menghadapi bencana banjir yang kerap melanda Kecamatan Kota Lahat. Salah satunya, Cik Ujang akan meraton ikut lakukan pembersihan di setiap kelurahan di Kota Lahat.

"Budaya bersih-bersih setiap Jumat saya minta dihidupkan lagi. Nanti setiap Jumat saya akan keliling ikut lakukan pembersihan di kelurahan," kata Bupati Lahat, Jumat (5/2/2021).

Cik Ujang menambahkan, dirinya ingin melihat langsung kondisi di lapangan, apa saja yang jadi kendala dan penyebab, beberapa titik di Kota Lahat sering dilanda banjir.

"Nanti kan terlihat bagaimana solusi terbaik, tiap tempat mungkin kendalanya berbeda. Untuk itu saya minta Lurah bisa berinovasi, memecahkan suatu masalah di wilayahnya," sampai Cik Ujang.

Sementara, Kabid Peningkatan Kapasitas dan B3, Dinas Lingkungan Hidup Lahat, M Jhonliadi menuturkan, tumpukan sampah memang bisa jadi salah satu penyebab banjir. Mengantisifasi hal itu, pihaknya sudah sering meminta Camat dan Lurah, berikan imbauan ke warga untuk tertib menjaga kebersihan.

"TPS sudah disiapkan, di setiap kelurahan juga sudah ada bentor untuk mengangkut sampah-sampah rumah tangga di masyarakat,” terangnya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 130