loader

Bakal Dibangun Jembatan, Akses Pulau Kemaro Bisa Lewat Darat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Selain jalur Sungai, kita upayakan ke sini lewat Jembatan, nanti akan dibangun. Untuk jalan aksesnya bisa dari lingkar timur luar, Bandara dan Kebun Sayur kurang lebih jaraknya 25 kilometer, " kata Wali Kota Palembang Harnojoyo usai meninjau Progres pembersihan Pulau Kemaro, Senin (8/2/2021).

Ia menjelaskan, untuk membantu proses pembangunan, saat ini pihaknya masih mengundang para investor dan perusahaan baik BUMN, BUMD, dan swasta untuk membantu pendanaan Pulau Kemaro. Sedangkan untuk APBD Kota Palembang sendiri juga akan digunakan sesuai dengan kemampuan.

Sebab, kondisi pendapatan daerah yang tidak capai target, membuat Pemerintah Kota akan menggandeng pihak investor dan perusahaan.

"Investor kami ajak untuk berinvestasi karena sayang kalau tempat yang melegenda ini tidak dimanfaatkan. Sejauh ini sudah ada pembicaraan dengan investor yang ingin berinvestasi, " jelasnya.

Dengan luasnya yang mencapai kurang lebih 30 hektar, ia menargetkan pengerjaan akan selesai di tahun 2023 mendatang. Jumlah Bungalow yang saat ini ada 10 unit pun akan ditambah.

"Selain pembersihan pinggiran dan percantik kawasan, bungalow juga akan kami tambah dan fasilitas penginapan lainnya, " katanya.

Sebelumnya, Ketua Percepatan Pengembangan Pulau Kemaro, Sapri, mengatakan rencana penataan Pulau Kemaro adalah dengan melakukan reklamasi. Ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika pasang daratan tidak tenggelam.

"Secara tidak langsung akan ada pantai buatan. Ini supaya saat air pasang tidak tenggelam. Selain itu, lokasinya lebih bagus karena ada daratan seperti pantai buatan," ujar Sapri, saat dijumpai di Balai Kota beberapa waktu lalu.

Agar menarik para investor atau pihak ketiga yang bersedia membantu pembangunan penataan Pulau Kemaro, harus diawali dengan mempercantik kawasan terlebih dahulu.

"Untuk sekarang, yang telah mengkonfirmasi siap baru Bank Sumsel Babel dan PDAM Tirta Musi yang bersedia membantu, " tambahnya.

Share

Ads