loader

Rajin Ikut Belajar Daring Jadi Syarat Kelulusan Siswa SD - SMP di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Selama pandemi belajar daring, salah satu syarat lulus mereka adalah kerajinan. Rajin ikut pembelajaran daring jadi syarat kelulusan siswa. Mereka yang dinyatakan lulus jika memenuhi pembelajaran yang sesuai, sehingga sekolah bisa menentukan penilaian," ujar Zulinto, Kamis (18/2/2021).

Zulinto menerangkan, selain rutin mengikuti kelas daring, syarat kelulusan para siswa juga ditentukan lewat tugas yang sudah dikerjakan.

"Penilaian mereka dibuktikan dengan nilai rapor. Kedua, mendapatkan nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan ketiga mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Meskipun penilaian tidak tuntas, tapi siswa harus mengikuti beberapa syarat tadi," jelasnya.

Zulinto menilai, kelulusan tanpa Ujian Nasional (UN) sudah diatur Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) di tengah pandemi Covid-19. Penilaian syarat lulus siswa diserahkan kepada sekolah masing-masing.

"Artinya kondisi ini bisa disesuaikan tergantung kemampuan sekolah dan pelajar masing-masing. Pembelajaran ini tidak bisa diratakan. Tidak adanya UN menjadi patokan evaluasi siswa sesuai kriteria dari sekolah," katanya. 

Jika penilaian kelulusan bagi sekolah di bawah tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) boleh memberikan contoh soal ujian kepada siswa, namun Pemkot tidak mengikuti langkah tersebut. 

"Kalau ada kisi-kisi soal dari pemerintah jadi percuma saja. Pembelajaran saat ini dengan sistem daring, sehingga tidak perlu membuat kisi-kisi. Sekolah pun berhak menentukan kelulusan sendiri," tegasnya. 

Share

Ads