loader

Selama Pandemi 59,3 Persen Pendapatan Orang Indonesia Menurun

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET. - Menurut survei TBRC, Selasa (23/2), dampak Covid 19 telah menyebabkan 59,3 persen masyarakat mengalami penurunan pendapatan keluarga setiap bulannya. Kemudian, sebanyak 33,3 persen menyatakan pendapatan keluarga mereka stabil alias cukup dan pas-pasan.

Namun demikian, ada sebanyak 7,4 persen yang menyatakan pendapatan keluarga mereka justru meningkat di saat pandemi Covid-19. Hal ini masih perlu ditelusuri lebih lanjut terkait faktor penyebab peningkatan pendapatan mereka.

Sementara terkait langsung dengan kegiatan ekonomi, sebanyak 39,7 persen masyarakat menyatakan kehilangan mata pencariannya berupa pekerjaan tetap dan usahanya. Sebanyak 28,8 persen menyatakan tidak kehilangan sumber mata pencariannya, namun terjadi penurunan pendapatan akibat merosotnya permintaan barang dan jasa.

Menariknya, ada 31,5 persen responden yang justru menyatakan usaha dan pekerjaannya masih tetap seperti saat normal. Survei TBRC ini dilakukan antara 26 Januari hingga 10 Februari 2021 dengan mengambil data 2.000 sempel dengan responden yang berhasil diwawancarai berjumlah 1.985 orang.

Seluruh responden merupakan penguna jaringan telepon seluler yang tersebar di 34 Provinsi di 494 Kab/Kota dan sudah berusia di atas 17 tahun. Sementara margin of error +/- 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen sebagaimana dilansir dari RMOL.

Share

Ads