Berita :: GLOBALPLANET.news

Aktivitas petani sawit di Sumsel. (Foto: Taufiq AKbar)

04 Maret 2021 14:50:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Sebagai pengusaha perkebunan kelapa sawit sudah pasti paham bagaimana cara pemilihan bibit unggul, pemupukan, pengelolaan, serta pembasmian hama penyakit yang benar.

Jika pengelolaan perkebunan kelapa sawit tanpa pengetahuan yang cukup, maka perkebunan kelapa sawit yang sedang dikelola tidak akan mungkin memberikan hasil maksimal berupa hasil panen yang berkualitas.

Namun bagi para pemula yang baru saja terjun ke bidang perkebunan kelapa sawit dan ingin mengetahui bagaimana sebenarnya ciri-ciri fisik pohon kepala sawit yang benar-benar sehat dan memenuhi standar kesuburan itu?

Berikut beberapa ciri-ciri fisik pohon kelapa sawit yang sehat:

 

  1. Daunnya hijau berkilat. Tidak ada warna kusam yang terjangkit pada daunnya. Juga tidak ada bercak-bercak kuning atau zat lain di permukaan daun-daun pohonnya. Setiap bulan keluar pucuk pelepah. Tahap yang satu ini terjadi secara berkala. Jika tidak ada pelepah yang muncul, kemungkinan pohon kelapa sawit kamu mengalami gangguan. Kelenturan pelepah lebih baik, daun muda yang keluar lebih besar daripada daun tua dan tidak pernah mengalami daun tombak. Perhatikan ciri-ciri daun muda yang keluar. Ukurannya juga tidak boleh salah.

 

  1. Diameter penampilan batang dari atas ke bawah terlihat sama, bukan seperti botol. Jadi batang pohonnya haruslah simetris dan diameternya tidak berubah dari pangkal hingga ujung paling tinggi. Jika bergelombang atau lebih kecil bagian atas atau bawahnya, maka tanaman sudah kurang sehat. Tanaman sehat adalah yang atas dan bawahnya rata bentuknya. Menjulang memanjang sama besar dari atas hingga ke bawah.

 

  1. Lebar dan panjang pelepah normal dan tidak mengecil. Pelepah sering menjadi tanda ciri fisik tanaman yang sehat. Jika bentuknya berukuran biasa dan tidak ada pengecilan ukuran maka bisa dipastikan tanaman kelapa sawit anda adalah sehat dan tidak kekurangan nutrisi.

 

  1. Pembentukan bunga dan buah sebanyak 12-24 janjang per tahun. Jika kurang dari jumlah yang sudah disebutkan maka sudah pasti ada yang salah dengan kesuburan tanamannya. Perhatikan baik-baik dan minta para pekerja Anda memerhatikan pembentukan bunga buah ini. Kesehatannya juga tergantung dari ciri fisik yang satu ini.

 

  1. Sudah pasti pohon yang sehat adalah yang terbebas dari serangan hama penyakit. Oleh karena itu tetap jaga kesehatannya dengan menjaga kebersihan di sekitar tumbuhnya kelapa sawit. Juga harus tetap memberi nutrisi dari unsur hara dan juga dari pupuk organik agar tetap subur dan menghasilkan panen terbaik.

Sumber, sawitnotif.pkt-group.com

Reporter : GlobalPlanet Editor : M.Rohali 303