Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolsek Plaj Iptu Novel Siswandi Kurniawan didampingi Kanit Reskrim Iptu Abdul Wahab saat memaparkan terkait penangkapan kedua tersangka. (Foto:Teddy).

04 Maret 2021 18:08:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dua pelaku begal diringkus Tim Buser Polsek Plaju dipimpin Katim Buser Aipda Bambang Hardianto, setelah dua jam melakukan aksinya, Minggu (28/2/2021) malam. Kedua pelaku merampas sepada motor milik Muhammad Luthfi (18) yang sedang membonceng kekasihnya.

Pelaku yakni Ajay Prabowo (19) warga Jalan Akasi, Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju Palembang dan M Alfin Wahyudi (19) warga Jalan KH Wahid Hasyim, Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan SU I Palembang.

Informasi yang dihimpun, aksi kedua pelaku bermula saat korban Muhammad Luthfi, warga Jalan Di Panjaitan Kecamatan Plaju Palembang ini mengendarai sepeda motor Honda Vario sedang mengantarkan pacarnya pulang ke rumah di Lorong Talang Karet Kelurahan Plaju Darat.

Namun, saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP) Jalan Tegal Binangun, Kelurahan Plaju Darat Kecamatan Plaju korban langsung dikejar dan dipepet kedua pelaku yang menggunakan sepeda motor N-Max nopol BG 6729 ACU dengan meminta korban dan pacarnya berhenti.

Lalu pelaku Ajay Prabowo yang saat itu tidak memakai baju dengan pisau di pinggangnya langsung menyuruh korban berhenti, melihat pelaku membawa pisau korban takut dan menghentikan motornya. Selanjutnya pelaku Ajay langsung melarikan motor korban, usai kejadian korban langsung membuat laporan ke Polsek Plaju Palembang dengan kerugian Rp 17 juta.

Kapolsek Plaju Iptu Novel Siswandi Kurniawan didampingi Kanit Reskrim Iptu Abdul Wahab ketika dikonfirmasi Kamis (4/3/2021) mengatakan kedua pelaku ditangkap setelah menerima adanya pengaduan dari korban yang melapor ke Polsek Plaju.

"Setelah menerima laporan korban anggota Buser langsung bergerak cepat melakukan pengejaran, dan 2 jam setelah kejadian Pelaku Ajay Prabowo langsung di tangkap, disusul pelaku Alfin Wahyudi kedua langsung dibawa ke Polsek Plaju untuk diproses lebih lanjut," kata Novel.

Lanjut Kapolsek, bahwa saat ditangkap keduanya mengakui perbuatannya. "Untuk barang bukti (BB) yang diamankan 2 unit motor yakni 1 motor korban Honda Vario BG 4020 ACI dan 1 motor pelaku N-max BG 6729 ACU. Untuk keduanya disangkakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun ke atas," tegas Novel.

Sementara, pelaku Ajay Prabowo saat ditemui mengakui sudah melarikan motor korban, "iya kak, saat melihat korban membonceng pacarnya melintas, saya langsung suruh berhenti dan langsung melarikan motornya. Tetapi baru sekali inilah kak melakukan pencurian motor, saya yang membawa motor korban," katanya.

Lanjutnya, rencananya motor akan dijual dan uangnya digunakan untuk keperluan kebutuhan hidup sehari-hari. "Untuk membeli makanan dan minuman, rokok saja. Saya salah pak saya menyesal sudah berbuat seperti ini," ujarnya.

Reporter : A Teddy Kusuma Editor : M.Rohali 350