Berita :: GLOBALPLANET.news

Kondisi Irigasi pembagi air di Desa Sinjar Bulan, Kecamatan Gumay Ulu yang rusak akibat hujan beberapa waktu lalu. (Ist)

08 Maret 2021 16:09:20 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Tingginya Intensitas hujan di Kabupaten Lahat beberapa waktu lalu membuat irigasi pembagi air di Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat rusak. Rusaknya irigasi pembagi air ini, membuat petani khawatir akan berdampak pada musim tanam selanjutnya.

Kades Sinjar Bulan, Nanik Diarti SPd, mengatakan, rusaknya irigasi pembagi air di desanya berimbas terhadap puluhan hektar sawah di tiga desa, yakni Desa Sinjar Bulan, Padang dan Tanjung Aur Kecamatan Gumau Ulu. 

“Warga berusaha memperbaiki sebisanya, harapannya bisa diperbaiki secara total agar air bisa kembali masuk ke sawah milik warga. Jika ada perbaikan masyarakat bisa membuat bidang ulang sawah," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (8/3/2021).

Kerusakan tersebut lanjut Nanik, tentu saja berpengaruh terhadap aktivitas lahan sawah. Meskipun tidak ada terjadinya kerusakan pada sawah saat irigasi rusak, dikhawatirkan akan menggangu aktivitas musim penanaman berikutnya karena kedepan air bakal susah masuk.

"Kemarin tidak ada yang rusak karena padi sudah besar tinggal sedikit lagi panen. Akan tetapi pada masa tanam selanjutnya akan berpengaruh karena air susah masuk. Kemungkinan kembali ke cara manual (masukan air ke sawah),” sampainya.

Reporter : Ferry Andika Editor : amarullah 257