loader

KONI OKI Gelar Musyawarah Olah Raga Luar Biasa, Buka Penjaringan Calon Ketua

Foto

OKI, GLOBALPLANET.news - Ketua panitia penjaringan dan penjaringan (TPP), Puguh Wanuardi, didampingi Sekretaris Nurmuin, saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021) mengatakan, pengambilan formulir dan berkas pencalonan dilakukan mulai 5 – 8 April 2021. Kemudian pengembalian formulir dan melengkapi persyaratan mulai 9 – 10 April 2021 di Sekretariat TPP.

“Ada tenggang waktu beberapa hari untuk melakukan sosialisasi mencari dukungan yang bisa dilakukan oleh calon ketua. Pengambilan formulir bisa diwakilkan, tapi pengembalian formulir harus yang bersangkutan,” katanya.

Menurutnya, bakal calon ketua KONI Kabupaten OKI harus mendapat dukungan minimal 30 persen Pengurus Cabang Olahraga dari yang terdaftar di KONI Kabupaten OKI saat ini sebanyak 30 cabor. Hal ini dibuktikan dengan surat dukungan dari cabor yang ditandatangani ketua dan sekretaris.

Sekretaris TPP, Nurmuin menambahkan, kriteria calon ketua umum KONI Kabupaten OKI antara lain, mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian, dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi keolahragaan. 

Lalu, memahami, konsekuen dan konsisten melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI, serta mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.

Kemudian, mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi, mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional dan nasional.

Sedangkan persyaratan bakal calon Ketua Umum KONI Kabupaten OKI, antara lain memenuhi kriteria sebagai Ketua Umum KONI sebagaimana tersebut di atas, Warga Negara Indonesia dan bukan pejabat publik. Lalu, kesanggupan mematuhi, mentaati dan menjalankan AD dan ART KONI, serta tidak sedang menjalani proses pidana (hukum).

Kemudian dalam keadaan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, pernyataan bebas dari narkoba, menyampaikan riwayat hidup singkat khususnya yang terkait dengan pekerjaan, organisasi dan pendidikan.

“Itu beberapa persyaratan, bagi yang berminat dipersilahkan untuk menghubungi sekretariat TPP di GOR Perahu Kajang Kayuagung.” Katanya.

Lebih lanjut diterangkannya, berkas calon ketua umum tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi oleh TPP yang berjumlah lima orang yakni, Puguh Wanuardi, SP, Nurmuin, S.IP.,M.Si, Iwan Setiawan SKM., M.Kes, Agus Salim, SE., MM dan Abu Yassir Robani, S.Ag.

“Hasil Verifikasi Tim Penyaringan dan Penjaringan inilah nantinya yang akan disampaikan dalam sidang pleno calon yang akan maju cukup syarat atau tidak.” Tandasnya.

Sementara itu Ketua Organizing Committee (OC) Musrokablub KONI Kabupaten OKI, Imam Tohari SE, MM mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan persiapan untuk kesuksesan acara yang dimaksud.

Dikatakan Imam, meskipun panitia sudah menyusun jadwal pelaksanaan Musorkablub pada hari senin (12/3/2021), sesuai dengan hasil raker, namun jadwal tersebut masih berkemungkinan terjadi pergeseran untuk menyesuaikan jadwal dari pihak terkait.

“Untuk persiapan sejauh ini berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, namun ini ada kaitannya juga dengan KONI Propinsi dan lainnya, mudah-mudahan waktu tersebut tidak berubah, dan kita berharap acara ini nantinya akan berlangsung dengan sukses dan lancar.” Katanya.

Rencana pelaksanaan Musrokablub ini merupakan tindaklanjut dari hasil rekomendasi yang disepakati dalam rapat kerja (raker) KONI Kabupaten OKI yang digelar beberapa hari lalu.

Salah satu agenda dalam raker tersebut adalah  menerima pengunduran diri ketua umum KONI Kabupaten OKI  periode 2018 – 2022, Muhammad Refly MS, S.Sos, MM dan Ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum, Juni Alpansuri, S.Si untuk memimpin KONI OKI sampai terpilihnya ketua yang baru.

Share

Ads