loader

PDAM Tirta Musi Target Tambah Kapasitas Produksi Air

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Direktur Utama PDAM Tirta Musi Andi Wijaya mengatakan, saat ini sudah 5.000 pelanggan PDAM yang berdomisili di wilayah Barat Kota Palembang yang menikmati distribusi air.

"Kalau target tersebut tercapai, nanti ini akan mampu menampung sekitar 80 ribu pelanggan. Sekarang daerah palembang sebelah Barat seperti Talang Jambe, Tanjung barangan sekitar 5.000 pelanggan sudah jalan, sisa 10.000 lagi yang belum, " kata Andi usai meresmikan gedung Graha PDAM Tirta Musi, Selasa (6/4/2021).

Sementara untuk Palembang wilayah Timur, pihaknya sudan mengajukan ke Pemerintah Pusat untuk membantu penambahan kapasitas produksi distribusi air.

"Karena di sana sedang ada pembangunan kami mintakan dengan APBN Pemerintah Pusat. Rencananya tahun 2022 mereka mau membantu, itu untuk di wilayah Palembang bagian Timur Mata merah dan Sematang Borang, " katanya.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pada tahun 2023 mendatang target produksi bisa melampaui distribusi. Embung cadangan air di Gandus akan menjadi proyek stratehis nasional.

"Dari laporan PDAM tadi bisa disimpulkan target kapasitas produksi ditambah, " kata Harno

"Kita tak bisa tergantung dengan Sungai Musi, ketika cadangan air baku tidak difungsikan kita sudah punya cadangan air baku (embung). Mudah-mudahan ketika ini selesai bisa mempersiapkan air ketika 6 bulan Sungai Musi tidak bisa berfungsi lagi, embung jadi air bakunya, " lanjutnya.

Share

Ads