Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua DPRD OKU Timur H Beni Defitson, SIP, MM, langsung turun ke lapangan memantau proses pelaksaan Pilkades. (Foto: Ist)

07 April 2021 12:10:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak 2021 di Bumi Sebiduk Sehaluan pada Rabu (07/06/2021) berjalan aman. Ketua DPRD OKU Timur H Beni Defitson, SIP, MM, langsung turun ke lapangan memantau proses pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa.

Sebanyak 222 desa di OKU Timur, menggelar Pilkades serentak, diikuti 699 Calon Kepala desa (Cakades). Untuk menjaga kondusifitas Pilkades, seluruh Pemangku kepentingan di kabuapten yang lebih dikenal sebagai daerah lumbung pangan termasuk Ketua DPRD langsung turun ke desa-desa untuk memastikan Pilkades serentak ini seluruhnya berjalan dengan aman.

“Saya berharap Pilkades bisa berjalan damai, adil dan demokratis. Kepada Masyarakat yang memiliki hak suara agar ikut dalam pelaksanaan Pilkades ini, tanpa ada unsur yang menghalang-halangi," kata Ketua DPRD OKU Timur H Beni Defitson SIP, MM saat memantau langsung Pemiilihan Kepala Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapuradi.

Khusus di Tanjung Kemala, kandidat Cakades ini memiliki kekeluargaan, dapat diyakinkan proses Pilkades berjalan dengan baik dan lancar. Dia menyarankan setelah proses pencoblosan selesai, ada baiknya kandidat menunggu proses penghitungan di kediaman masing-masing, tetapi tanpa membatasi hak, jika memang ingin menyaksikan proses tahapan selanjutnya.

"Di TPS ada saksi, sebaiknya pada calon menunggu di kediaman masing-masing. Tetapi kita tidak membatasi hak Cakades," jelas politisi Golkar ini.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Ketua DPRD OKU Timur menekankan beberapa hal tentang Pilkades serentak di OKU Timur, pertama proses undangan kepada masyarakat, jangan ada upaya dari pihak-pihak tertentu dimungkinkan dengan sengaja, memainkan data.

Pihak dari lawan politik itu tidak diberikan kesempatan maupun tidak diberikan undangan, atau bentuk administratif lainya. Baik oleh oknum panitia maupun ada intruksi dari oknum calon incumbent

Panitia harus netral, ada beberapa pengalaman, oknum panitia melakukan kecurangan dengan teknis tertentu, surat suara awalnya sah menjadi tidak sah.

"Jangan sampai terjadi ada suara sah jadi tidak sah. Kita imbau kepada masyarakat , kita mencari pemimpin, proses pelaksanaan sampai penghitungan harus adil dan demokratis. Kandidat juga harus konsisten menjaga situasi yang kondusif,"ungkapnya.

Ketika ada permasalahan, diharapkan kepada camat dan Dinas PMD OKU Timur dapat menjembatani sehingga ada solusi untuk menyelesaikan persoalan.

Kepada calon Cakades, dia meminta agar konsisten, atas keputusan mereka mencalonkan diri, apapun keputusanya harus komit. "Ketika ada perkara-perkara tertentu, berikan kepada pihak yang berwenang yang menangani persoalan tersebut untuk diselesaikan, jangan ada tindakan anarkis," katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 1938