Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua KPU PALI Sunario dan saksi peserta Pilkada PALI melakukan pemantauan pelipatan surat suara untuk PSU.

07 April 2021 17:39:27 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - KPU Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI) terus mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk penyelenggaraan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kali ini, KPU PALI mempersiapakn 2.000 surat suara dan sedang dilakukan pelipatan yang dilaksanakan di Gudang Logistik KPU PALI dengan disaksikan Bawaslu PALI, pihak kepolisian dan tim kedua calon, Rabu (7/4/2021).

Ketua KPU PALI, Sunario SE, mengatakan, pihaknya menyiapkan 2.000 lembar surat suara, namun yang akan digunakan hanya 1.700 lembar karena DPT plus pemilih tambahan yang saat Pilkada 9 Desember 2020 lalu memilih pada empat TPS PSU berjumlah 1.575.

"2.000 lembar ini kita lipat, tapi sebelum dilipat diperiksa rusak tidaknya. Apabila sudah ada 1.700 lembar, maka kita hentikan pelipatan karena sudah cukup untuk melaksanakan PSU sesuai jumlah DPT di empat TPS," ujar Sunario.

Untuk bentuk surat suara, dikatakan Sunario, tidak ada beda dengan surat suara pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu hanya saja ada stempel dibelakang kertas bertuliskan pemilihan ulang. 

"Tampilan depan dan ukuran surat suara sama, hanya saja kami stempel pemilihan ulang di belakang surat suara," tukasnya.

Sementara untuk logistik lain, Sunario akui hampir seluruh kebutuhan PSU telah tersedia, termasuk kotak suara. 

"Kotak suara kita pakai yang baru, dimana ada 10 kotak suara yang belum terpakai. Pendistribusian logistik dilakukan pada H-3 pelaksanaan PSU. Mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti berjalan lancar sesusai rencana," pungkasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : amarullah 104