loader

Pembobol Rumah Kosong Dibekuk Tim Buser Polsek Plaju

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pelaku berhasil membobol dan menguras barang berharga di dalam rumah korban Rosiana Pangabean Jalan Kopral Urief RT 41 Kelurahan Plaju Ilir Kecamatan Plaju Palembang, Jumat (19/3/2021) dini hari.

Informasi dihimpun, para pelaku melancarkan aksinya disaat korban sedang pergi ke kota Medan untuk membesuk orang tuanya yang sakit. Lalu ditelpon saksi bahwa rumah korban dimasuki maling, kemudian korban pulang ke Palembang dan ketika tiba di rumah didapati pintu depan sudah rusak.

Korban kehilangan 50 puluh helai kain ulos Batak bermacam warna, 1 unit TV merek LG 21 inci, 1 unit kipas angin merek Sharp, 1 unit mixer merek Philips, 1 unit panggangan bolu, 1 unit cetakan kue, 1 buah panci, 1 unit tabung gas 3 kg, 1 unit sepeda merek pederal, 1 HP Samsung.

Kemudian, 1 tas selempang kulit, 1 ikat pinggang merek stenlis, 1 helai gaun sedres, dengan total kerugian sekitar Rp 65 juta. Korban lalu melaporkan kejadian ke Polsek Plaju.

Kapolsek Plaju Iptu Novel Siswandi Kurniawan didampingi Kanit Iptu Abdul Wahab membenarkan pelaku merupakan target operasi (TO) Sikat Musi 2021. "Benar kita sudah mengamankan dua orang spesialis pelaku bobol rumah kosong," kata Iptu Novel.

Lanjutnya, modus para pelaku mengincar rumah yang ditinggalkan penghuninya. "Dengan leluasa masuk ke rumah dengan merusak pintu depan menggunakan linggis, dan menguras semua isi barang berharga di dalam rumah. Dan memang sebelum beraksi selalu menggambar situasi rumah calon korbannya," jelasnya.

Pelaku sendiri merupakan tinggal satu kampung dengan korban, jadi dengan leluasa mereka mengangkut barang dari dalam rumah satu persatu. "Keduanya ini merupakan residivis, dan atas ulahnya akan di kenakan pasal 363 KUHP ancaman 7 tahun penjara," tegasnya.

Sementara, kedua pelaku mengakui perbuatannya tersebut. "Ya pak terpaksa ikut saat diajak, karena pengangguran tidak ada uang. Saya bertiga masuk dengan cara mencongkel dan merusak pintu masuk bagian depan," kata tebob sembari mengaku khilaf.

Ditempat sama, Bagong mengaku uang bagiannya sudah habis untuk dibelikan makanan sehari hari saja pak. "Saya lagi nganggur pak, baru inilah ikut mencuri," kilahnya

Share

Ads