loader

Tangani Karhutbunla, Ini 7 Langkah yang Dilakukan Pemkab Muba

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - "Untuk itu pada tahun 2021 ini saya dan tentunya kita tidak ingin mendengar informasi tentang, kurang maksimalnya dukungan dalam penanggulangan bencana Karhutbunla di daerah, khususnya di kecamatan-kecamatan yang rawan," tegas Dodi.

Dalam penanganan Karhutbunla ini, kata Dodi, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Pertama, sinkronisasi satuan tugas Provinsi dengan Kabupaten, ada beberapa wilayah yang menjadi perhatian, karena kalau terjadi kebakaran, asapnya dapat mengarah menuju Kota Palembang. 

Kedua, membagi habis tugas pengendalian Karhutbunla dengan melibatkan semua stakeholder terkait yang ada baik di Provinsi, Kabupaten maupun Kecamatan.

"Ketiga, memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku yang membuka lahan dengan cara membakar atau pembakaran pasca panen yang biasa dilakukan oleh para petani," tegas dia.

Keempat, Optimalisasi peralatan alat produksi pertanian yang ada pada kelompok tani untuk membantu pemadaman kebakaran. Kelima, Memperkuat sarana dan prasarana pemadaman serta personil terlatih pada regu pemadam kebakaran perusahaan perkebunan maupun Hutan Tanaman Industri. 

"Keenam, Segera mengaktifasi posko-posko kebakaran yang ada di perusahan, masyarakat peduli api, kelompok tani peduli api atau lainnya. Terakhir Ketujuh, pemanfatan Dana Desa untuk pegendalian Karbunhutlah, baik untuk peralatan maupun operasionalnya dengan mematuhi ketentuan yang ada," tutupnya.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini mengatakan, berdasarkan prediksi kondisi cuaca oleh Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, di perkirakan Kemarau 2021 di Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muba berlangsung awal Juni-November.

Kemarau tersebut diprediksi pula mengalami kondisi lebih kering dari tahun 2020 dan tidak sama kering dari tahun 2019, namun tetap dapat mengakibatkan Kebakaran Hutan, kebun dan Lahan.

"Perusahaan perkebunan agar lebih aktif dalam usaha pencegahan serta meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah, TNI-Polri serta masyarakat. Sehingga kerjasama dan gotong royong dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutbunla dapat menjadi role model bagi daerah lain," tandas dia.

Share

Ads