loader

Curi Kabel Lampu Jalan, Dua Sekawan Ditangkap, Salah Pelaku Ditembak

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Keduanya tertangkap oleh tim Buser dari Polsek Ilir Timur 2 Palembang karena melakukan pencurian kabel lampu jalan di Jalan Veteran, Kecamatan IT 3 Palembang. Satu pelaku terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur di kaki kanannya.

Berawal dari keduanya yang datang dan bertemu di tempat kejadian perkara. Kedua pelaku yang sudah menyiapkan alat untuk mencuri langsung menggali tanah tempat kabel tersebut tertanam.

"Kalau orang waras tidak mungkin mau melakukan pencurian kabel listrik tersebut, kita duga pelaku ini sebelum beraksi terlebih dahulu mengkonsumsi narkoba," kata Kapolsek IT II Palembang, Kompol Yuliansyah, Rabu (14/4/2021).

Pelaku pun menggali tanah tempat kabel lampu jalan tertanam, setelah memotong kabel kedua pelaku di peregoki oleh warga sekitar yang langsung mengamankan keduanya.

Mengetahui hal tersebut, anggota Polsek Ilir Timur 2 Palembang langsung mendatangi lokasi. Namun ketika akan diangkut oleh pihak kepolisian, satu pelaku yakni Adi Garong mencoba melarikan diri.

"Sudah diberikan tembakan peringatan namun tidak digubris, akhrinya kita berikan tindakan tegas dan terukur hingga pelaku lumpuh," lanjut Yuliansyah.

Sementara itu, dari pengakuan kedua tersangka aksi tersebut baru dua kali dilakukannya. Dirinya nekat melakukan pencurian kabel dikarenakan sedang tidak pekerjaan dan membutuhkan uang untuk makan.

"Baru dua kali, ditempat yang sama itulah. Kami jual 80 ribu untuk makan sehari-hari pak. Dulu juga pernah dipenjara karena mencuri besi," katanya.

Atas perbuatannya tersebut, kedua pelaku terancam pidana diatas lima tahun penjara karena melanggar pasal 363 KUHP.

Kompol Yuliansyah menambahkan, aksi pencurian kabel lampu jalan ini sangat membahayakan. Selain dapat menyebabkan kecelakaan, bukan tidak mungkin dapat menyebabkan aksi kejahatan di lokasi kejadian.

"Kita akan menindak para pelaku yang meresahkan masyarakat ini. Bukan tidak mungkin, tindakan tegas dan terukur akan kita berikan kepada para pelaku," katanya. 

Share

Ads