loader

Kebutuhan Ikan di Lahat Dipasok Daerah Tetangga

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPdi melalui Kabid Bina Usaha dan Pemasaran, Ir Juni Hermiati mengungkapkan, konsumsi ikan di Kabupaten Lahat sebanyak 25.4 kilogram per kapita per tahun di tahun 2020, meningkat di bandingkan tahun 2019 sebanyak 24.37 per kapita per tahun. 

Sedangkan tingkat provinsi sebanyak 44.36 kilogram per kapita per tahun dan secara nasional 51 kilogram per kapita per tahun. “Jumlah itu secara global, mulai dari ikan lele, patin, nila, mas dan ikan sungai,” ujarnya saat diwawancarai, Kamis (15/4/2021).

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan ikan, kata Juni didapatkan dari luar daerah, seperti dari Kota Lubuk Linggau, Kota Bengkulu dan lainnya, mengingat Kabupaten Lahat hanya mampu memenuhi 40 persen dari kebutuhan. Kemudian, ditahun 2020 ada program dari TP PKK Kabupaten Lahat yang memberikan sepaket mulai dari kolam terpal, bibit, dan pakan ikan kepada beberapa warga.

“Jelas membantu kebutuhan ikan kita, minimal kebutuhan ikan masyarakat yang diberikan bantuan, tapi tergantung dari warga itu bagaimana memanfaatkannya, bagaimana memelihara ikan tersebut,” tandas dia.

 

Share

Ads