loader

Baru Uji Coba di Palembang, Kamera ETLE Tangkap 1.500 Pelanggar Lalu Lintas per Hari

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Bahkan, kamera yang baru terpasang di dua lokasi yakni Simpang 5 DPRD Sumsel dan Lampu Merah Simpang Polda ini berhasil menangkap lebih dari 1.500 pelanggar lalu lintas.

Rencananya akan ada 9 titik kamera ETLE terpasang disejumlah wilayah di Kota Palembang yang akan memantau dan menindak para pengendara yang melanggar lalu lintas.

"Uji coba ETLE terus berjalan hingga saat ini, dua kamera yang sudah terpasang sudah berjalan dengan baik tapi kan belum kita lakukan penegakan hukumnya karena masih menunggu launching terlebih dahulu," kata Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Cornelis F Hotman Sirait, Senin (19/4/2021).

Hotman memberi informasi seputar penerapan kamera ETLE yang sudah terpasang di dua titik yang ada. Yang mana terdapat banyak pelanggaran yang didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Perlu diketahui dalam waktu tiga hari uji coba, satu hari bisa sampai rata-rata 1.400 hingga 1.500 orang pelanggar yang tertindak dari satu kamera ETLE yang terpasang," lanjutnya.

Angka pelanggaran ini pun terbilang tinggi yang terjadi dalam sehari di Kota Palembang. Menurutnya, kebanyakan pelanggar yakni berlawanan arah dan tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. 

Namun pihak kepolisian tidak langsung menindak dikarenakan masih tahap ujicoba. "Pelanggar didominasi roda dua dan juga roda empat, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus itu paling banyak pelanggarnya," lanjutnya.

Nantinya ketika ETLE sudah mulai diterapkan, barulah "Surat Cinta" bakal datang teris ke rumah pelanggar. "Saya imbau masyarakat tetap mematuhi dan tetap tertib dalam berlalu lintas. Kamera ETLE ini beroperasi selama 24 jam, nantinya jika tetap tidak patuh dan sudah diberlakukan surat cinta bakal datang terus kerumahnya," ungkap Dirlantas. 

Share

Ads