loader

Lebaran 2021: 1 Syawal 1442 H Jatuh Pada 13 Mei

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Tidak ada yang melaporkan yang melihat hilal. Penetapan 1 Syawal di-istikmalkan," kata Menag. Istikmal adalah istilah dimana kita menyempurnakan bulan Ramadhan selama 30 hari.

Sementata Kantor Kementerian Agama Sumatra Selatan memperkirakan 1 Syawal H akan jatuh pada 13 Mei 2021 usai pemantauan hilal menunjukkan hasil bahwa matahari terbenam masih di bawah ufuk. 

Pada saat matahari terbenam berdasarkan hisab hilal masih di bawah ufuk maka hilal di Palembang tidak dapat di rukyat. 

"Maka dari itu 1 syawal diperkirakan jatuh 13 Mei 2021," ujar Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Mukhlisuddin, usai pemantauan hilal di UIN Raden Fatah Tower, Selasa (11/5/2021). 

Azimut Matahari terbenam pukul 17:58 WIB 30 derajat di Utara titik Barat, sementara Azimut Bulan 15 derajat 58 di utara titik barat. 

Lanjut dia, hasil dari pemantauan tersebut, posisi hilal di Sumsel berada pada minus 4 derajat 46 di bawah ufuk mar'i. 

"Pemantauan hilal sudah dilakukan, hasilnya dari pantauan kami di Palembang menunjukkan posisi hilal ada pada ketinggian minus 4 derajat 46," jelasnya. 

Hasil ini telah dilaporkan dan dikirimkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama, sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat di Jakarta.

Share

Ads