loader

Lantik Kepala Desa, Lanosin: Ada Iuran Pelantikan Silahkan Lapor

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Namun, laporan yang disampaikan tersebut harus memiliki bukti yang konkrit. Sebab, seluruh biaya pelantikan telah dianggarkan oleh Pemkab OKU Timur.

Pelantikan Kades hasil pemilihan Kades serentak, di zona I di Kantor Buay Pemuka Peliung, dan zona II Kecamatan Buay Madang.

Pelantikan di zona I, diikuti oleh 24 desa dari lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Bunga Mayang, Jayapura dan Kecamatan Madang Suku III. Sedangkan untuk zona II meliputi 33 desa dari 3 Kecamatan diantaranya, Kecamatan Buay Madang, BP. Bangsa Raja, dan Kecamatan Madang Suku II.

"Seluruhnya sudah dimasukkan dalam anggaran APBD OKU Timur. Hal ini dilakukan demi menekan biaya pemilihan Kades dimasa pandemi," kata dia, Senin (07/06/2021), 

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, SIK. MH, menambahkan, jika ada isu tentang pungutan terhadap Kades terpilih tentunya akan diselidiki dulu. "Saya yakin Pemerintah Daerah tidak mungkin ada tindakan pungutan  jikapun ada mungkin oknum namun harus dengan bukti yang konkrit," imbuhnya.

Kadin Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Rusman, SE, MM, dengan tegas menjelaskan tidak ada pungutan apapun. Karena  tuan rumah pelaksanaan kecamatan tapi PMD membantu contoh untuk tenda, itupun jika tidak melanggar aturan dan sesuai RKA.

"Isu tentang ada pungutan untuk pelantikan Kades itu sama sekali tidak benar," terangnya.

Share

Ads