loader

Lewat Buku Mulai dari ETF, Investor Tahu Sumber Lain di Pasar Modal

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET.news - "Padahal banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal selain investasi di saham," kata Kepala PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sumut, Pintor Nasution, kepada par wartawan di Medan, Senin (14/6/2021).

Ia lalu menyebutkan salah satu potensi investasi di pasar modal, yakni produk Exchange-Traded Fund (ETF). 

"Nah, BEI itu bekerjasama dengan penerbit Elex Media Komputindo untuk mengedukasi masyarakat melalui penerbitan buku  “#MulaidariETF, Investasi Reksa Dana Gaya Baru yang Efisien, Transparan, dan Fun!”. Buku yang terlihat ringan dengan ilustrasi kartun berwarna kuning cerah ini dihadirkan sebagai alternatif media untuk memperkenalkan ETF  kepada masyarakat dan seluruh investor di pasar modal," kata Pintor.

Kata dia, buku yang diluncurkan pada 3 Juni 2021 ini merupakan referensi literatur yang netral mengenai produk ETF atau lebih mudah dikenal dengan istilah reksa dana yang diperdagangkan di Bursa. 

"Dengan membaca buku ini, Pintor berharap  masyarakat dapat memahami apa itu ETF dan manfaat berinvestasi pada produk ETF," kata Pintor.

Ia memastikan kalau produk ETF memiliki sifat efisien, transparan dan fleksibel, dan merupakan salah satu alternatif produk investasi yang cocok bagi segala kalangan. 

Bahkan ujarnya, investor ritel pemula dapat berinvestasi pada ETF karena sifatnya yang mirip reksa dana sehingga dapat digunakan sebagai jembatan sebelum masuk ke produk investasi yang lebih kompleks seperti saham. 

"ETF sudah terdiversifikasi, sehingga investor tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk memilih saham-saham sendiri untuk mengoptimalkan hasil investasinya.

Sedangkan investor institusi maupun investor yang bukan pemula juga menikmati keunggulan dari aspek transparansi maupun efisiensi dari ETF," tegas Pintor Nasution. 

Share

Ads