loader

Kirim Oksigen ke Jawa Barat untuk Pasien COVID-19, HD: Ini Misi Kemanusiaan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Setelah saya cek langsung ke Pelabuhan Boom Baru. Ternyata memungkinkan bisa dikirim segera. Jadi kita kirim malam ini juga (Sabtu malam), besok (Minggu pagi) sudah sampai di Jabar," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Sabtu (24/7/21) malam. 

Herman menjelaskan, oksigen tersebut untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Jawa Barat yang kekurangan oksigen dalam menangani wabah COVID-19. Ia berharap daerah lain yang kelebihan stok oksigen dapat melakukan hal serupa.

"Ini misi kemanusiaan. Kita berharap bisa menjadi pemantik bagi yang lainnya untuk tetap saling membantu dalam melawan wabah Covid-19. Oksigen ini disediakan pihak korporasi yakni dari program CSR dari Sinarmas," ujarnya.

Ketersediaan oksigen di Sumatera Selatan sendiri, Deru mengatakan, sejauh ini stok oksigen di Rumah Sakit masih dalam kondisi aman, sehingga memungkinkan membantu wilayah lain yang kekurangan oksigen.

"Bukan Jabar saja yang minta bantuan untuk disuplai oksigen namun juga Lampung dan Bengkulu. Sumsel aman. Kita bantu masyarakat provinsi lain ini karena stok oksigen di Sumsel berlimpah dan mencukupi," jelasnya.

Sebelum pengiriman dilakukan, Herman sempat menghubungi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui sambungan video call. Dalam perbincangan tersebut, Herman memberikan informasi terkait proses pengiriman oksigen yang dipercepat .

"Kita bisa kirim Pak Ridwan. Malam ini juga. Semoga ini bisa membantu saudara kita yang ada di Jabar," tegas Herman Deru. 

Dalam panggilan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku, saat ini mereka sangat membutuhkan pasokan oksigen sesegera mungkin untuk penanganan wabah COVID-19. 

"Kita sangat membutuhkan secepat mungkin. Kita kekurangan oksigen. Terimakasih Pak Herman Deru atas bantuan pasokan oksigennya," ucap Ridwan Kamil saat berbincang bersama Gubernur Sumsel melalui panggilan video tadi malam.

Share

Ads