Berita :: GLOBALPLANET.news

Kasi Lahan dan Irigasi, Muhaimin SE MM menunjukan data LBS Kabupaten Lahat yang berkurang. (Foto: Ferry Andika).

09 September 2021 10:23:59 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Luasan lahan sawah di Kabupaten Lahat terus berkurang, dimana dari pengkuruan pada 2019 luas lahan baku sawah (LBS) mencapai 12.647 hektar. Jumlah tersebut jauh berkurang dibandingkan pada 2018 yang mencapai 17.158 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM melalu Kabid Sarana Prasarana, Al Fatah disampaikan, Kasi Lahan dan Irigasi, Muhaimin SE MM mengatakan, faktor yang menyebabkan berkurangnya luas LBS yakni alih fungsi lahan. Seperti di daerah Kikim Area menjadi lahan perkebunan sawit dan di Merapi Area sawit dan karet.

"Ada lagi di kawasan Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan Pumi berubah menjadi lahan perkebunan kopi karena kekurangan air atau kering," ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Tidak hanya itu, berubahnya metode pengukuran dari manual ke digital, yang mana saat ini menggunakan metode pengukuran citra satelit oleh BPN. Kemudian, abrasi sungai, banjir bandang juga menjadi faktornya.

"Terakhir pengukuran dilakukan tahun 2019 kemudian tahun 2020 tidak ada pengukuran ulang kemudian rencananya di akhir tahun 2021 ini akan ada pengukuran kembali," sampainya.

Reporter : Ferry Andika Editor : amarullah 119