loader

Petani Buah di Lahat Diajari Cara Budidaya yang Baik dengan Mengadopsi Teknologi Pertanian

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Petani buah diajari maulai dari pembibitan hingga pemasaran. Diharapkan kesejahteraan petani meningkat dan konsumen mendapatlan jaminan mutu produk yang baik.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, Eti Listina SP MM melalui Kelompik Jabatan Fungsional, Siti Rochmah SP mengatakan, dalam SL tersebut, kelompok tani diajarkan penerapan budidaya Buah Durian di Desa Pagar Jati Kecamatan Kikim Selatan Manggis di Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu dan Salak di Desa Tertap Kecamatan Jarai.

"Jadi mereka (kelompk tani) diajarkan semua bagaimana budidaya yang baik, bagaimana mengadopsi teknologi pertanian. Contohnya diterapkan penggunaan pupuk organik, untuk meminimalisir kerusakan lingkungan

panen aman dikonsumsi, artinya pemberantasan penyakit tidak menggunakan bahan kimia,"ujarnya, Selasa (21/9/2021).

Kemudian kata Siti dengan adanya SL produk yang dihasilkan petani bukan produk yang abal-abal, melainkan memiliki ciri khas. Kemudian, petani juga diajarkan analisis usaha yang menguntungkan atau tidak. Setelah sekolah lapang harus berkelanjutan, dan produk tersebut memang aman untuk dikonsumsi serta kesejahteraannya terjaga karena diajarkan usaha tani yang menguntungkanm

"Nantinya pembeli juga memperoleh jaminan mutu produk yang aman dikonsumsi serta produk bisa dilacak asal usulnya,"sampainya.

Share

Ads