loader

Piala AFF 2020: Indonesia Berada di Grup B Bersama Vietnam dan Malaysia

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Melihat hasil undian tersebut, sepertinya skuat Garuda berambisi meraih gelar juara untuk pertama kalinya. Maklum, selama mengikuti turnamen dua tahunan ini, Timnas Indonesia dikenal sebagai spesialis runner up sebanyak lima kali, yakni (2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016).

Timnas Indonesia kembali mendapatkan rintangan berat. Pasalnya, mereka berhadapan dengan musuh bebuyutannya, yakni Vietnam dan Malaysia, yang notabene merupakan pernah menjadi juara di turnamen ini.

Lantas bagaimana peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ? Tugas skuat Shin Tae-yong bisa dibilang cukup berat, karena skuat Garuda masih belum menunjukkan perbaikan dari segi permainan.

Pada Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 misalnya. Tim Garuda tidak bisa berbuat banyak. Mereka tenggelam di dasar klasemen Grup G dengan hanya meraih satu poin dari delapan laga yang dimainkan. Tim Merah-Putih hanya mampu mencetak lima gol dan kebobolan 27 gol.

Hasil tersebut, berbanding terbalik dengan apa yang dicapai Vietnam. Tim nasional berjuluk Golden Star Warrior itu mampu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan duduk di posisi dua klasemen Grup G di bawah Uni Emirat Arab yang bertengger di puncak.

Vietnam berhasil menjadi yang terbaik di antara tim-tim Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand serta Indonesia yang berada di dalam grup yang sama. Mereka berhasil mengumpulkan 17 poin, hasil dari lima kali menang, dua kali imbang dan satu kali kalah.

Sementara Malaysia, juga tampil cukup bagus pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 meskipun tidak lolos ke babak berikutnya. Pasukan Harimau Malaya –julukan Malaysia- duduk satu peringkat di bawah Vietnam dalam klasemen Grup G. Mereka mengumpulkan 12 poin hasil dari empat kali menang dan empat kali kalah.

Selain itu, dari segi head to head Indonesia juga selalu kalah dari Vietnam dan Malaysia. Tim Garuda ditaklukkan Vietnam dalam dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 0-4 dan 1-3. Terakhir Tim Merah-Putih menang atas Vietnam terjadi pada semifinal AFF 2016 lalu. Mereka menang di leg pertama dengan skor 2-1.

Sedangkan dengan Malaysia, Indonesia juga kalah dua kali pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda takluk dengan 0-2 dan 2-3 dari Negeri Jiran. Terakhir Indonesia menang atas Harimau Malaya terjadi pada laga persahabatan pada 2016 lalu. Saat itu, Tim Garuda menang telak 3-0.

Mengacu pada statistik tersebut ada satu hal yang menggelitik, apakah Timnas Indonesia mampu membalaskan dendamnya pada Vietnam dan Malaysia? Tapi masyarakat di Tanah Air tentunya berharap Macan Asia kembali mengaum di Piala AFF 2020.

Share

Ads