loader

Tidak Hanya Mall, Mau Bayar Pajak Kendaraan Juga Wajib Scan Barcode Vaksin

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Ini kebijakan dari maklumat bersama yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Sumsel," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto

Jenderal Bintang Dua ini menyampaikan, Kebijakan ini wajib diikuti oleh seluruh masyarakat yang ingin mengurus keperluan seperti  pelayanan BPKB, Samsat 1, 2, 3, 4 hingga SKCK pada Dit Intelkam Polda Sumsel. 

"Bagi wajib pajak yang belum divaksin, Polda Sumsel sudah menyediakan gerai vaksin  Presisi untuk tahap 1 maupun 2 yang tersedia di Pelayanan BPKB," ujarnya. 

Ketentuannya, hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta berusia diatas 12 tahun. 

"Untuk lebih memasifkan upaya vaksin yang kita gelorakan di Sumsel. QR code seperti ini akan dipasang di semua area publik, seperti di Mall dan tempat-tempat yang tergabung dalam PHRI (Persatuan Hotel Restoran Indonesia)," ungkapnya. 

Meski demikian, mantan Kapolda Sumatera Barat, penggunaan aplikasi PeduliLindungi di fasilitas pelayanan publik tentunya akan disesuaikan dengan ketersediaan tempat dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. 

"Jika ditanya, apakah seperti ini juga akan diberlakukan di Polsek-polsek wilayah, tentunya kita harus melihat kondisi dan ketersediaan tenaga vaksinator yang ada. Sebab yang seperti ini harus dipersiapkan segala sesuatunya seperti tempat untuk menyimpan vaksin. Makanya belum semua polsek bisa seperti ini," ujarnya. 

"Tapi bagaimana pun kita akan tempatkan (scan QR Barcode pada aplikasi PeduliLindungi) di lokasi-lokasi pelayanan publik lainnya. Artinya memang disesuaikan dengan tempat dan fasilitas penunjang," ungkap dia. 

Sementara Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol CF Hotman Sirait mengatakan, gerai vaksin presisi di Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel akan tersedia sesuai jam kerja seiring dengan pelayanan publik yang ada di kepengurusan BPKB. 

"Jadi nanti wajib pajak yang datang dan dia scan barcode terkendala karena belum vaksin, maka bisa langsung pergi ke ruangan di sebelahnya untuk bisa langsung menjalani vaksinasi tahap 1 maupun 2," ujarnya. 

Hotnar berujar, pihaknya akan mendorong agar kebijakan serupa juga diberlakukan oleh jajaran Satlantas Polres di Sumsel dalam waktu dekat. 

"Ini semata-mata untuk percepatan vaksinasi agar memenuhi target," ungkapnya. 

Share

Ads