Berita :: GLOBALPLANET.news

Tersangka Yeni sedang memegang barang bukti (BB) saat diamankan di Mapolsek Prabumulih Timur. (Foto: Hardoko Susanto/GlobalPlanet.news)

28 Januari 2018 10:42:00 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET.news - Sempat menghilang salama dua minggu, akhirnya Yeni Herawati (40), pelaku spesialis pencurian dengan pemberiatan (curat) ini berhasil di ringkus Tim Khusus (Timsus) Gabungan Ringkus Kejahatan (Gurita) Polsek Prabumulih Timur. Dari tangan pelaku, Polisi menyita barang-bukti HP merk Asus Zenfone Go warna hitam silver, 1 buah HP Oppo Neo 7 warna putih dan sebilah pisau.

Warga Jalan Merak, Rt 02, Rw 02, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih ini ditangkap di wilayah jalan Bukit Lebar, Kota Prabumulih, Sabtu (27/01/2018), atas dasar laporan dari korban Ine Ariska Ariyani (28), warga Perum Prabu Indah Blok F2, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur.

Pelaku melakukan pencurian dengan memanfaatkan sistuasi, karena dikediaman korban sedang menggelar resepsi pernikahan. Saat situasi rumah sedang ramai, pelaku menyelinap masuk ke dalam kamar korban, dengan membawa sebilah pisau, berhasil membongkar lemari kemudian mengambil sejumlah uang dan HP merk Asus Zenfone Go warna hitam silver.

Aksi yang dilakukan Tersangka Yeni terbilang mahir, terbukti dalam kurun waktu satu bulan, dirinya berhasil melakukan aksi pencurian dengan modus yang sama. Namun, aksi pelaku yang kedua berhasil diungkap oleh Kepolisian.

Sempat menghilang selama 13 hari, akhirnya pelaku berhasil di tangkap TimSus Gurita Polsek Prabumulih Timur di Pimpin Kanit Reskrim Ipda Tagor Lubis di back up Timsus Gurita Polres Prabumulih.

“Setelah diintrogasi, ternyata pelaku juga pernah mencuri handphone milik korban Herman yang berprofesi sebagai pedagang. Waktu itu sekitar tanggal 25 Januri 2018, pelaku berpura - pura ingin membeli model dagangan korban, tanpa sepengetahuan korban, pelaku berhasil mengambil HP Oppo Neo 7 warna putih,” kata Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti, SE, MM melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando, SH, Minggu (28/1/2018).

Tersangka mengakui telah melakukan pencurian dibeberapa tempat, targetnya adalah rumah yang sedang menggelar hajatan.

"Dengan berpura-pura menjadi tamu undangan, saya menyelinap masuk dalam kamar, saya mengambil pisau yang ada didapur, kemudian diam diam mencongkel lemari yang ada dikamar korban, dalam lemarin yang saya bongkar ada uang, Hp merk Asus Zenfone Go warna hitam silver milik korban,” aku tersangka kepada Polisi.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : M.Rohali