Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi banjir (Foto: dok.GLOBALPLANET.news)

21 Maret 2018 18:09:15 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Korban banjir di Kabupaten Musi Banyuasin mulai mendapatkan pasokan logistik berupa beras. Sebanyak 6.750 Kg beras untuk 675 Kepala Keluarga (KK) disalurkan ke empat desa yang ada di Kecamatan Sanga Desa.

Keempat desa tersebut, Desa Ulak Embacang, Desa Air Balui, Desa Jud 1 dan Desa Keban 1. Dimana banjir yang diakibatkan meluapnya air Sungai Musi merendam ke empat desa tersebut yang mengakibatkan lumpuhnya aktivitas sehari-hari masyarakat, lantaran harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kita terima bantuan beras sebanyak 6.750 Kg dari Pemkab Muba melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Muba. Beras itu diperuntukkan bagi 675 KK yang terdampak banjir dengan masing-masing 10 Kg,” ujar Camat Sanga Desa, Irwan Sazili, Rabu (21/3/2018).

Adapun rincian jumlah penerima bantuan setiap desanya, yakni untuk Desa Ulak Embacang sebanyak 3.430 Kg untuk 343 KK, Desa Air Balui Trans SP 1 menerima beras sebanyak 1.500 Kg untuk 150 KK dan Trans SP 2 menerima sebanyak 1.000 Kg untuk 100 KK.

Lalu, Desa Jud 1 Trans SP 3 menerima beras sebanyak 320 Kg untuk 32 KK dan Desa Keban 1 menerima beras 500 Kg untuk 50 KK.

“Keadaan saat ini normal, dimana menurut masyarakat sekitar banjir sudah biasa. Sedangkan musibah penyakit akibat banjir tidak ada, dimana tim Dinkes Muba dan Puskesmas telah melakukan pemeriksaan,” kata dia.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, Haryadi Karim, mengungkapkan, bahwa kondisi Tinggi Muka Air (TMA) di titik pantau Tusan Lumpatan telah mencapai 149 cm dengan artian Siaga II atau kritis.

“Kondisi air mengalami peningkatan beberapa hari terakhir dikarenkan kondisi hujan terus mengguyur. Kita juga terus melakukan imbauan terhadap masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai agar terus waspda terhadap tanah longsor,” tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Agus Rizal 243