Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi (Foto: Ist)

01 April 2018 14:02:17 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Program pembangunan 1.000 rumah di Kabupaten Musi Banyuasin segera dimulai. Pasalnya, proses administrasi pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hampir rampung, sehingga pembangunan dapat dimulai.

“Ini bentuk keseriusan Pemkab Muba terkait peningkatan keterjangkauan MBR mendapatkan rumah murah. Program ini selaras dengan program Kementerian PU PR melalui paket kredit rumah murah dengan fasilitas likuiditas (kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek) pembiayaan perumahan (FLPP),” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Muba, Mursalin, Minggu (1/4/2018).

Selain itu, sambung dia, berjalannya program tersebut merupakan efek dari dibukanya pos pelayanan konsultasi perencanaan dan pembangunan perumahan.

“Kami sudah mengajak dan bersama pihak developer (pengembang) dari untuk mulai menggarap pembangunan rumah subsidi FLPP, salah satu nya yang sedang kita garap adalah di kecamatan plakat tinggi,” beber dia.

Kabid Perumahan Dinas Perkim Muba, Fanfani Syafri menambahkan, saat ini proses administrasi tengah berlangsung, dimana pihak developer sedang melakukan pengurusan izin terkait pembangunan perumahan.

“Dari respon yang ditunjukkan, antusias masyarakat dalam pembelian rumah di Kabupaten Musi Banyuasin sangat tinggi. Selain itu masyarakat saat ini sudah merindukan untuk hidup dan berkehidupan di dalam komplek,” kata dia.

Untuk prasarana dan sarana dan uitilitas di perumahan MBR, sambung Fanfani, dibangun oleh pemerintah dan pihak developer seperti sarana ibadah, ruang terbuka hijau dan lain lain.

“Mengenai izin kita sudah perintahkan pihak developer untuk segera mengurusnya di kantor DPM PTSP Muba, izin ini wajib dilengkapi sebelum dimulainya pekerjaan,” tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Agus Rizal 204