Berita :: GLOBALPLANET.news

Rapat pementapan Porkot bersama para Pengurus Cabang Olahraga Kota di Sekretariat KONI Palembang, Minggu (1/4/2018). (Foto: Adi Kurniawan)

01 April 2018 17:32:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Guna meningkatkan kualitas atlet di Kota Palembang, Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palembang bakal menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) pada November 2018 mendatang. Ajang ini setidaknya akan diikuti 19 kontingen dari 19 kecamatan dengan 19 cabang olahraga yang ada di Bumi Sriwijaya.

"Tujuan utama lebih pada program, beberapa tahun ke belakang kita tidak ada eufoeria olahraga dan juga dalam rangka menjelang Porprov di Prabumulih 2019," ujar Ketua Harian KONI Palembang, Aliyuddin Asral, dalam rapat pemantapan Porkot bersama para Pengurus Cabang Olahraga Kota di Sekretariat KONI Palembang, Minggu (1/4/2018).

Ia menjelaskan, bahwa multievent olahraga kota ini kembali digelar untuk memantapkan kembali pembinaan atlet. Pasalnya, secara predikat juara umum Porprov memang Palembang masih menjadi jawara, tapi secara prestasi medali cenderung menurun.

"Kita akan gelar 19 cabor, karena menurut informasi, Porprov Prabumulih hanya menggelar 20 cabor. Mudah-mudahan ditahun mendatang kita tambah lagi cabor di Porkot," terangnya.

Kesembilan belas cabor tersebut adalah catur, kempo, karate, pencak silat, taekwondo, basket, bola voli, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, sepakbola, panahan, sepak takraw, sepatur roda, panjat tebing, futsal dan menembak.

Senada dengan itu, disampaikan Wakil Ketua Umum III KONI Palembang, Agus Salim, bahwa ajang Porkot akan diselenggarakan seprofesional mungkin. Artinya, mulai dari pendaftaran tidak ada yang kemudian H-7 hari baru mendaftar. Sehingga tiga bulan jelang Porkot akan dibuka pendaftaran mulai dari entry by number dan juga entry by name.

"Termasuk mulai April, Pengurus Cabor dipersilahkan mengajukan anggaran melalui proposal. Mulai dari Nama TD, panitia pelaksana, peraturan pertandingan, tempat pelaksana, lama kegiatan dan juga anggaran pelaksana dalam hal ini honor wasit, juri, panitia dan lainnya," terangnya.

Proposal tersebut lanjut Agus agar segera dikirimkan ke KONI Palembang supaya dapat disesuaikan dengan anggaran termasuk hal-hal lain seperti sewa lapangan, kebutuhan konsumsi dan lainnya.

"Kita batasi sebelum 10 April sudah dikirim proposalnya dari 19 cabang olahraga," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : M.Rohali 254