Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Kelompok Kerja PPS Sumsel, Rujito saat memberikan materi dalam pembukaan Lokakarya Pokja PPS Provinsi Sumsel di Hotel S One Palembang, Selasa (3/4/2018). (Foto: Karerek)

03 April 2018 18:18:43 WIB 213

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial (PPS) Sumatera Selatan (Sumsel) mencanangkan akan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) terkait perhutanan sosial di Provinsi Sumsel.

Hal ini diungkapkan Ketua Kelompok Kerja PPS Sumsel, Rujito, usai pembukaan Lokakarya Pokja PPS Provinsi Sumsel di Hotel S One Palembang, Selasa (3/4/2018).

Saat ini, kata dia, Sumsel akan memiliki Peraturan Daerah (Perda) Gambut dan akan disahkan menjadi Perda Perlindungan dan Pelestarian Gambut pertama di Indonesia sekaligus percontohan.

Diharapkan, Pergub Perhutanan Sosial bisa menjadi yang pertama di Indonesia dan menjadi percontohan. “Saat ini Kalimantan melakukan penyususanan, namun belum disahkan menjadi Pergub. Kita berharap bisa menjadi yang pertama di Indonesia seperti halnya Perda Gambut,” ucapnya kepada GLOBALPLANET.news.

Dijelaskannya, wacana pengusulan Pergub Perhutanan Sosial juga dibahas dalam kegiatan Lokakarya Pokja PPS Provinsi Sumsel yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut. Hal ini tidak terlepas dari keinginan pihaknya menjadikan Perhutanan Sosial di Sumsel menjadi lebih baik dan bisa meredam sejumlah konflik yang terjadi selama ini terkait hutan di Provinsi Sumsel.

Kendati demikian, sambung dia, rencana pengusulan Pergub tersebut, tidak akan berjalan muda dan harus melalui berbagai aspek. Dia berharap, Pergub terkait Perhutanan Sosial bisa terwujud di Provinsi Sumsel dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Reporter : Karerek Editor : Agus Rizal