Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana persiapan sidang isbat di gedung serbaguna Pemda lama, Kamis (5/4/2018). (Foto: Muslandik)

05 April 2018 15:33:48 WIB

OGAN ILIR, GLOBALPLANET.news - Sebanyak 300 pasang suami istri se-Kabupaten Ogan Ilir akan mengikuti program sidang nikah gratis yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bekerjasama dengan dan Kementerian Agama, Kabupaten Ogan Ilir dan Pengadilan Agama Kayu Agung, Kabupaten OKI.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir, Ahmad Lutfi mengatakan, kegiatan sidang isbat akan dilaksanakan tiga turmin dengan penyelenggaraan setiap hari Jumat pada tanggal 6, 13, dan 20 April 2018.

“Jumlah peserta yang akan mengikuti sidang isbat nikah pada tahun ini sebanyak 300 orang. Jadi, setiap turmin akan diikuti sebanyak 100 pasangan,” tuturnya, di sela – sela persiapan sidang isbat di gedung serbaguna Pemda lama, Kamis (5/4/2018).

Tahun ini, sambung Lutfi, jumlah pendaftar lebih dari 800 pasangan. Namun, untuk 2018 ini hanya dianggarkan sebanyak 300 pasangan. Sedangkan sisanya akan dianggarkan pada tahun 2019 mendatang.

Sementara, Ali Akbarul Falah, salah satu hakim yang akan bertugas mengatakan, total hakim nantinya sebanyak sembilan orang. “Untuk besok (Jumat, 6/4/2018) salah satu hakim ada yang berhalangan jadi hanya delapan orang,” ujarnya.

Ali menambahkan, dari seratus orang yang akan mengikuti sidang isbat belum tentu akan disahkan semua. Semuanya tergantung dengan kesiapan saksi nikah atau saksi sidang ataupun data data pendukung yang telah dipersiapkan.

Reporter : Muslandik Editor : Agus Rizal