Berita :: GLOBALPLANET.news

Wali Kota Non Aktif Ida Fitriati Basjuni meninjau rehab rumah tak layak huni (RTLH) melakukan program BSPS. Rehab rumah ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Pagaralam. (Foto: Ist)

06 April 2018 10:11:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Wali Kota Non Aktif Ida Fitriati Basjuni tak sengaja meninjau program rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di wilayah Kota Pagaralam. Hal ini dilakukan agar program yang diturunkan langsung untuk masyarakat benar-benar berjalan. Ida mampir setelah menghadiri undangan acara sunatan massal di Dusun Rimba Candi.

Ida melihat langsung proses rehab rumah tak layak huni di Dusun Sumber Jaya Kecamatan Dempo Tengah. Penerima bantuan sangat senang karena program yang dilakukan Ida jelas, nyata dan dirasakan langsung masyarakat.

Ida Fitriati Basjuni menuturkan, ‎untuk tahun 2018 ini ada 268 rumah tak layak huni yang akan direhab melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dimana, program ini diperuntukan bagi masyarakat yang rumahnya tak layak dan memenui kriteria yang telah ditentukan.

“Untuk tahun ini ada sekitar 268 penerima yang rumahnya bakal direhab di Kecamatan Dempo Tengah. Sebelumnya, program ini bergulir untuk Kecamatan Pagaralam Selatan dan Dempo Utara,” ungkap Ida.

Diharapkan, kata Ida, program ini merata sehingga semua masyarakat yang membutuhkan bisa dibantu. Untuk itulah, pendataan terus dilakukan agar bantuan ini dapat tepat sasaran. Sosialisasi juga rutin digelar agar masyarakat mengetahui program ini.

“Bantuan ini harus tepat sasaran. Apalagi, pendataan dan verifikasi yang dilakukan petugas tidak boleh salah. Penetapan by name by addres atau nama penerima bantuan BSPS diterapkan sehingga tidak salah,” tuturnya.

Ditambahkan Ida, diharapkan para penerima bantuan rehab rumah tak layak huni melalui program BSPS ini dapat memanfaatkan bantuan dengan baik. Dengan bantuan yang ada maka rumah yang selama ini tidak layak menjadi lebih baik.

“Penggunaan dana harus baik dan sesuai aturan. Untuk itulah, kami berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kehidupan yang layak,” tegasnya.

Reporter : Yayan Darwansyah Editor : Agus Rizal 236