Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, saat menghadiri acara pembekalan terhadap Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Sumsel, di Aula Lantai II Kantor KPU Provinsi Sumsel, Selasa (10/4/2018). (Foto: Ist)

10 April 2018 19:05:17 WIB 97

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Guna mewujudkan program Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang berintegritas, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel, menggelar acara yang bertajuk pembekalan terhadap Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Sumsel, di Aula Lantai II Kantor KPU Provinsi Sumsel, Selasa (10/4/2018).

Acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, dan Wakil Ketua KPK Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan SH MH, yang turut memberikan apresiasi kepada Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Sumsel atas komitmen yang tinggi untuk mengikuti acara ini.

Menurut Basaria Panjaitan, kegiatan pembekalan ini adalah salah satu tugas KPK untuk memberikan peringatan dan pencegahaan agar Pasangan Calon (Paslon) tidak masuk dalam ranah tindak pidana korupsi. 

"Saya percaya bapak dan ibu yang mencalonkan diri menjadi kepala daerah niatnya pasti baik, tujuan akhirnya pasti memperbaiki kesejahteraan di daerah masing-masing," katanya. 

Ia menuturkan, terjadinya tindak pidana korupsi dikarenakan adanya kesempatan. Dimana kesempatan tersebut bersumber dari diberikannya kewenangan yang berupa anggaran. Apalagi ia menyebut, Provinsi Sumsel adalah provinsi kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. 

"Jangan sampai kesempatan ini dibuat negatif dalam bentuk penyalahgunaan kewenangan. Intinya, kita tidak menginginkan ada diantara Kepala Daerah yang masuk ke dalam ranah tindak pidana korupsi," tegasnya. 

Kemudian, ia juga mengharapkan untuk partai politik agar mengusung kandidat secara selektif, sehingga terpilih yang terbaik dari yang baik. Sebab dikatakannya, partai politik termasuk punya partisipasi yang paling besar dalam mengawali pemilihan kepala daerah. 

"Mudah-mudahan banyak manfaatnya dari kegiatan ini. Selamat menjadi kepala daerah bagi  siapapun yang terpilih nanti. Sebaiknya kita tidak usah masuk ranah tindak pidana apapun, karena yang kita lakukan ini pencegahan, dan sebagai bentuk rasa sayang KPK kepada kepala daerah," pungkasnya. (rel)

Reporter : Karerek Editor : Amizon