Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggota Bhabinkamtibmas Babat Supat, saat membagikan Maklumat Kapolda Sumsel terkait larangan membakar hutan dan lahan, Jum'at (13/4/2018). (Foto: Amarullah Diansyah)

13 April 2018 17:36:51 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Sosialisasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), terus dilakukan oleh jajaran Polres Muba. Terutama di daerah-daerah yang masuk dalam kategori rawan dan memiliki lahan gambut.

"Ya, sudah pasti kita terus lakukan sosialisasi terkait larangan membakar hutan dan lahan, salah satunya melalui Binmas yang berperan melakukan pembinaan kepada masyarakat," ujar Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti, melalui Kasat Binmas, Iptu Ricky Mozan, Jum'at (13/4/2018).

Selaian sosialisasi dengan memberikan imbauan, pihaknya juga menyebarkan maklumat Kapolda Sumsel. Dimana, dalam maklumat tersebut dicantumkan dengan tegas mengenai sanksi pidana yang dapat diterima bagi siapapun pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Ini merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja, terlebih lagi Sumatera Selatan tahun ini menjadi tuan rumah event besar, yaitu Asian Games yang berlangsung Agustus mendatang," jelas dia.

Bukan hanya itu, sambung Ricky, pihaknya juga memasang spanduk berisikan imbauan, hingga menyambangi masyarakat secara door to door. Dimana dengan semakin gencarnya sosialisasi, kebakaran hutan dan lahan di Muba tidak terjadi tahun ini.

"Semoga saja dengan kegiatan yang kita lakukan secara terus menerus ini akan dapat tersampaikan kepada masyarakat luas, sehingga menumbuhkan kesadaran bagi kita semua untuk tidak membakar hutan ataupun lahan," harapnya.

Sebab, jika kebakaran hutan dan lahan terjadi, maka banyak kerugian yang diterima, baik itu secara ekonomi, kesehatan bahkan hubungan internasioanl pun bisa terganggu. 

"Demi terciptanya Muba zero asap, kita terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat dengan semangat yang tinggi selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," pungkasnya.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Amizon 271