Berita :: GLOBALPLANET.news

Warung M Ali. Insert tabung gas sebelum diambil pelaku. (Foto: M Rohali?GlobalPlanet.news)

16 April 2018 13:44:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET.news - Para pengecer tabung gas elpiji 3kg diimbau untuk waspada terhadap penipuan dengan modus sebagai utusan atau kurir dari sub agen gas elpiji yang ingin menukar tabung kosong dengan yang baru. Setelah mengambil beberapa tabung gas kosong dari pengecer, pelaku berjanji akan segera mengantarkan tabung gas baru. Namun, pelaku tak kunjung kembali dan pengecer dirugikan.

Seperti yang dialami M Ali (30), pengecer tabung gas elpiji 3kg di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Pedagang satu anak ini mengaku, jika sepekan yang lalu dirinya telah ditipu oleh pelaku dan kehilangan 11 tabung gas elpiji 3kg. 

"Pelaku datang pakai motor dan menawarkan gas elpiji 3kg. Karena saat itu stok gas saya habis, jadi saya berminat dan menukarkan 11 tabung gas kosong kepada pelaku. Setelah tabung gas saya dinaikkan ke sepeda motornya, dia berjanji akan mengantarkan tabung yang baru," terangnya, ketika kepada GLOBALPLANET.news, Senin (16/4/2018).  

Setelah beberapa lama pelaku pergi, korban baru tersadar dan segera mengecek ke sub agen yang menjadi langganannya untuk menanyakan perihal pelaku yang datang mengaku sebagai kurirnya tersebut. 

"Kata pemilik sub agen, dia tidak pernah mengutus pelaku untuk mengambil tabung gas. Selain itu, stok gas ditempatnya sedang kosong. Dari situlah saya tersadar kalau telah ditipu oleh pelaku yang tidak diketahui identitasnya itu," ujarnya seraya mengaku belum melaporkan penipuan yang dialaminya ke pihak kepolisian. 

Selang sekitar satu jam, tambah Ali, seorang pengecer gas elpiji 3kg lainnya di wilayah Mega Asri, Desa Sukajadi, juga mengalami hal yang serupa dengannya. 

"Bukan cuma saya, ada pengecer lainnya di Mega Asri yang juga tertipu oleh pelaku. Katanya dia kehilangan delapan tabung gas elpiji 3kg," sebutnya. 

Dia berharap, pihak kepolisian segera menyelidiki aksi penipuan ini, agar pengecer lainnya tidak sampai mengalami hal yang serupa. 

"Jika tidak cepat ditangkap, maka pelaku akan semakin leluasa menjalankan aksinya. Untuk para pengecer lainnya, diharapkan lebih waspada dan berhati-hati terhadap aksi penipuan dengan modus kurir dari sub agen ini," pungkasnya.
 

Reporter : Amizon Editor : Amizon 362