Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi meteran jaringan gas rumah tangga. (Foto: Ist)

16 April 2018 15:26:33 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dipastikan dapat menikmati gas bumi untuk rumah tangga. Sebab, saat ini pendistribusian gas bumi telah dilakukan di sejumlah lokasi di Kecamatan Sekayu, sehingga dapat langsung dimanfaatkan masyarakat.

"Ya, distribusi gas bumi ke pelanggan yang dilakukan PGN Solution telah berlangsung sejak 22 Maret lalu. Baru dilakukan di sektor Randik dan Villa Bukit Sejahtera sebanyak 490 SR," ujar Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, Senin (16/4/2018).

Selanjutnya, sambung dia, pihaknya menargetkan distribusi gas rumah tangga tersebut dapat diperluas kembali ke sektor-sektor lainnya. Sehingga masyarakat dapat lebih cepat menikmati gas alam yang nilai atau harganya jauh lebuh rendah dari harga LPG yang selama in digunakan.

"Perluasan distribusinya harus lebih cepat dan itu pastinya lebih baik. Kami berkeinginan pelayanan gas ini segera dinikmati masyarakat," katanya.

Bukan hanya itu, kata Beni, pihaknya juga akan mengusulkan kembali ke Kementerian ESDM agar dilakukan penambahan jaringan gas sebanyak 5.000 sambungan di Kabupaten Muba. Dimana saat ini terdapat 6.031 jaringan gas yang telah terpasang. "Kita ajukan penambahan alokasi," tegas dia.

Disinggung mengenai adanya keluhan masyarakat bahwa untuk pemasangan jaringan gas rumah tangga harus mengeluarkan biaya, Beni menegaskan hal tersebut tidaklah benar. Menurut dia, dalam pemasangan jaringan gas tidak dibebani biaya apapun atau gratis.

"Kita buat surat edaran agar informasi di masyarakat tidak simpang siur, terutama soal pemasangan jaringan gas, mari kita sukseskan pemasangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam rangka mewujudkan Muba go green dan pembangunan hijau berkelanjutan," tandasnya.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 198