Berita :: GLOBALPLANET.news

Warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III Kayuagung, Kabupaten OKI, dikumpulkan di halaman lapas, Senin (16/4/2018). (Foto: Eko Saputra)

16 April 2018 17:18:12 WIB

OKI, GLOBALPLANET.news - Razia di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III Kayuagung, Kabupaten OKI, digelar Senin (16/4/2018). Dalam razia ini masih ditemukan berbagai macam barang yang seharusnya tidak ada di dalam Lapas.

Adapun barang – barang yang ditemukan di dalam kamar narapidana (napi) ialah beberapa korek api, tali pinggang, serta obat-obatan yang diduga menjadi campuran untuk minuman yang memabukkan.

Razia Lapas Klas III Kayuagung dilakukan sebagai upaya untuk menertibkan barang – barang yang dilarang berada di dalam Lapas. Razia ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54 pada 27 April 2018.

Kepala Lapas Kayuagung, Hamdi Hasibuan didampingi Kasubsi Pembinaan, Dedi Mardjana mengatakan, pihaknya mengerahkan 60 personel dalam razia ini.

“Seluruh petugas lapas diturunkan menyusuri 5 blok yang terdiri dari 18 kamar. Dari hasil razia ditemukan sejumlah korek api, tali pinggang, serta obat-obatan yang diduga menjadi campuran minuman yang memabukkan,” ujarnya.

Selain melakukan razia, Lapas Kayuagung juga rutin melaksanakan kegiatan serupa demi ketertiban dan melatih kedisplinan warga binaan.

“Lapas Kayuagung memiliki 642 orang warga binaan yang terdiri dari 167 orang tahanan dan napi 475 orang, diantaranya terdapat wanita 8 orang,” jelasnya.

Ditambahkannya, meskipun kapasitas penghuni lapas boleh dikatakan sudah melebihi dari standar penghuni yakni 350 orang, namun dengan kerja keras petugas, ketertiban dapat ditegakkan.

“Patroli atau kontrol dilakukan dalam 3 shif serta dilakukan setiap dua jam sekali. Kita bersyukur, kesehatan warga binaan selama ini dalam kondisi baik, meskipun ada beberapa yang mengalami sakit ringan karena perubahan cuaca. Klinik disiapkan 24 jam bagi warga binaan,” tuntasnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : Agus Rizal 573