Berita :: GLOBALPLANET.news

17 April 2018 16:31:29 WIB

EMPAT LAWANG , GLOBALPLANET.news - Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang Bambang Irawan melalui Kabid Pemdes Agusman Mulyadi didampingi Kasubid Pemdes Alpianto SH, Selasa (17/4), menuturkan, berdasarkan data yang diterima dari pemerintah pusat terdapat empat kecamatan di Kabupaten Empat Lawang yang kondisinya secara ekonomi sangat memprihatinkan.

“Data nama desa yang ada (tertinggal) saat ini merupakan data dari pemerintah pusat. Bukan dari kami (DPMDP3A) yang melakukan pendataan. Hal ini perlu diketahui oleh semua kepala desa,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, terdapat tiga kategori ukuran kemajuan sebuah daerah yakni berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. Untuk Kabupaten Empat Lawang, ungkap dia, terdapat empat kecamatan yang masuk katagori desa sangat tertinggal.

“Keempat wilayah tersebut yakni Kecamatan Tebing Tinggi terdapat tiga desa (tertinggal). Kemudian Kecamatan Talang Padang terdapat tiga desa. Selanjutnya Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) terdapat dua desa dan terakir Kecamatan Ulu Musi tedapat lima desa,” ucapnya.

Akibatnya, kata dia, berdasarkan data tersebut berpengaruhnya besaran dana desa yang diterima masing-masing desa sehingga banyak kades yang mengeluh mengapa dana desa tahun ini menurun.

“Berdasarkan data inilah besaran dana desa yang diterima oleh setiap desa. Bukan ada intervensi atau tekanan dari pihak lain. Hal ini tidak ada kaitannya dengan politik sama sekali,” katanya.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali