Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas Baznas Kota Pagaralam melakukan pendataan kaum fakir miskin dan mustahiq di Kota Pagaralam. (Foto: Ist)

25 April 2018 20:09:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Gebrakan baru dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pagaralam. Untuk mengangkat derajat fakir miskin atau kaum mustahiq, Baznas rencananya akan memberikan bantu‎an berupa modal usaha, dana kehidupan dan bantuan lainnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pagaralam, H Djamil Rusdi menuturkan, memang selama ini dana Baznas yang didapatkan dari potongan 2,5 persen gaji pegawai Pemkot Pagaralam diberikan untuk fakir miskin, ustadz/ustadzah, pengurus masjid dan lainnya. Namun, kedepan akan dikembangkan untuk bantuan modal usaha, dana kehidupan dan lainnya.

"Dana ini memang untuk umat. Untuk itulah, kita telah melakukan berbagai study banding, mengikuti diklat dan pelatihan dari Baznas, dana ini akan dikembangkan penyalurannya," ungkap dia.

Ditambahkan staf Baznas Kota Pagaralam, Andi M, saat ini pihaknya telah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. Dimana, untuk Kota Pagaralam direncanakan satu kelurahan akan dijatah dua mustahiq untuk diberikan bantuan.

"Petugas Baznas sudah diterjunkan ke lapangan. Untuk Kecamatan Pagaralam Utara dan Selatan sudah dilakukan pendataan. Namun, untuk tiga Dempo yakni Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan, pendataan akan dilanjutkan pada Mei 2018 mendatang," kata Andi, kepada GLOBALPLANET.news, Rabu (25/4/2018).

Dijelaskan Andi, setelah pendataan dilakukan‎ dan didapatkan kaum mustahiq yang membutuhkan, maka akan dilakukan penyaluran dana. Untuk besaran dana, akan disesuaikan dengan kebutuhan kaum mustahiq tersebut, bisa modal usaha, ternak, bahkan bisa diberikan dana kehidupan.

"Pendataan kita melakukan langsung. Kita akan benar-benar mendata mereka yang membutuhkan, seperti tempat tinggal menumpang dan pekerjaan tidak tetap. Sementara, bagi masyarakat yang uzur hidup sendiri bisa diberikan dana kehidupan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," bebernya.

Pemberikan bantuan ini, kata Andi, didapatkan setelah pihaknya mengikuti diklat, rakor dan pelatihan yang dilakukan Baznas baik diprovinsi Sumsel maupun nasional.

"Program ini ternyata sudah ada di Provinsi dan Nasional. Sementara, di Kota Pagaralam belum, sehingga kita mengagas program ini tidak lain sebagai wujud kepedulian untuk mengangkat derajat dan harkat martabat sesama manusia terutama kaum mustahiq," tegasnya.

Kemudian, tutur Andi, pihaknya mengharapkan peran serta masyarakat Kota Pagaralam untuk berzakat lewat Baznas. Bersama pejuang zakat di Bumi Besemah ini bertekad membangun manusia yang peduli.

"‎Bagi yang ingin menyalurkan zakat, bisa menyalurkan melalui rekening Baznas Kota Pagaralam Bank SumselBabel dengan nomor rekening 1520950030," tukasnya.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 175