Berita :: GLOBALPLANET.news

Sejumlah peserta mengikuti simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan PT MHP di Unit Sodong wilayah Suban Jeriji, Desa Darmo Kecamatan Lawangkidul, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Kamis, (3/5/2018). Foto: (Ist)

03 Mei 2018 20:12:00 WIB

MUARA ENIM , GLOBALPLANET.news - Dalam rangka kegiatan pengendalian kebakaran hutan PT MHP telah mempersiapkan Sistem, Organisasi dan Personel Terlatih maupun Peralatan dan Sarana Prasarana Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Hal ini diketahui pada apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan PT MHP tahun 2018 yang dilaksanakan di Unit Sodong wilayah Suban Jeriji, Desa Darmo Kecamatan Lawangkidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis, (3/5/2018).

Dirut PT Musi Hutan Persada (MHP) Takuya Kuwahara melalui Direktur FPSEA Muhammad Aminullah SH mengatakan, pihaknya sejauh ini terus bekerjasama dengan berbagai pihak, baik masyarakat, BPBD, TNI dan Polri untuk mengendalikan, dan mencegah karhutla.

“Kami menyadari dan berkomitmen bahwa upaya pencegahan lebih baik daripada kegiatan pemadaman. Untuk itu kami PT Musi Hutan Persada telah memprogramkan dan melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar perusahaan dengan dukungan penuh berbagai unsur, diantaranya TNI, POLRI, Unsur Kehutanan, KPHP, Unsur Pemerintahan baik tingkat Kecamatan maupun Pemerintahan Desa di sekitar Perusahaan,” ungkap Muhammad Aminullah.

Menurutnya, Pengendalian karhutla sangatlah penting melibatkan masyarakat, untuk itu pihaknya juga telah melakukan Pembentukan dan Pelatihan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa-desa sekitar perusahaan serta peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian karhutla.

“Kami juga sangat mengikuti arahan dari pemerintah, untuk mencegah kebakaran hutan, apalagi menjelang Asian Games ini,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Selatan, Pandji Tjahjanto, S.Hut, M.SI mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kesiapsiagaan PT MHP, dalam mengantisipasi karhutlah di wilayah Sumatera Selatan.

“Kalau semua pihak bahu-membahu, dalam mengantisipasi kebakaran hutan, kami yakin tidak akan ada asap di Sumatera Selatan, dan hutan bisa terselamatkan dari kerusakan, makanya kami mengapresiasi kesiapsiagaan PT MHP ini, yang sudah mempersiapkan baik personil maupun peralatannya,” kata Panjdi.

Apel Siaga Tahun 2018 ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta terdiri dari 60 orang dengan peralatan, anggota Satdalkar PT. MHP, 30 orang anggota Pengaman Hutan dan Sosial PT MHP, 20 orang anggota Satuan Bantuan PT MHP, Brigadir Pemadam Kebakaran KPHP Subanjeriji & Benakat 2 orang, anggota Kepolisian Resort Muara Enim 30 orang, anggota Kepolisian Resort Lahat, anggota TNI Kodim 0404 Muara Enim 20 orang, Satuan Pengendalian BNPB Kabupaten Muara Enim 10 orang, Satuan Pengendalian BNPB Kabupaten PALI 10 orang, Masyarakat Peduli Api 20 orang, Satuan Pelajar 20 orang dan Satuan Alat Berat K3 dan lainnya 30 orang.

Reporter : - Editor : Juliandi 559