Berita :: GLOBALPLANET.news

DPD Partai NasDem OKU Timur menggelar apel pernyataan sikap politik tentang aksi terorisme dan radikalisme yang terjadi baru-baru ini di Indonesia, Senin (14/5/2018). Foto: (Dadang Dinata)

14 Mei 2018 18:03:55 WIB 88

SUMATERA SELATAN, GLOBALPLANET.news - Kejadian teror bom yang terjadi baru-baru ini menuai kecaman dari berbagai pihak di daerah. Bahkan salah satu partai politik (parpol) di daerah Sumatera Selatan, Nasional Demokrat (Nasdem) adakan apel serentak diberbagai Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Partai Nasdem Kabupaten Empat Lawang, mengibarkan bendera setengah tiang dan melakukan pengheningan cipta serentak dalam kegiatan apel siaga bersama di halaman kantor sekeretariat DPD Partai Nasdem Empat Lawang, Senin (14/5/2018).

Pemasangan bendera setengah tiang dan pengheningan cipta serentak dalam kegiatan apel siaga ini, merupakan wujud penghormatan terhadap korban ledakan bom dalam aksi teror yang melanda sejumlah tempat di Jawa Timur, akhir-akhir ini. Bertindak sebagai perwira pembina apel, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Partai Nasdem, Jalaludin SPd.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Empat Lawang, Joni Riko mengatakan, pihaknya mengutuk segala bentuk terorisme dan aksi radikalisme yang mengancam kerukunan, persaudaraan antar komponen bangsa, khususnya antar umat beragama.

"Kami mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya di Kabupaten Empat Lawang, untuk tidak takut terhadap ancaman aksi terorisme dan radikalisme serta siap melawan, mencegah aksi tersebut dalam bentuk apapun," ujar Riko.

Diapun mengaku, telah memerintahkan kader Nasdem dan DPD Partai Nasdem Kabupaten Empat Lawang beserta jajaran di bawahnya, agar meningkatkan kewaspadaan dan peduli pada lingkungan tempat tinggal masing-masing, terhadap gerak-gerik yang mencurigakan yang mengarah pada kegiatan terorisme dan radikalusme.

"Bilamana ada, segera koordinasikan dengan aparat kepolisian dan TNI, untuk mencegah terjadinya tindakan teror kedepannya," tandasnya.

Terpisah, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai (NasDem) OKU Timur juga menggelar apel pernyataan sikap politik partai Nasdem tentang aksi terorisme dan radikalisme yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Apel dipimpin langsung Ketua Fraksi Partai NasDem serta dihadiri seluruh pengurus partai, sayap partai, Garnita dan KSND yang berlangsung di Kantor DPD Partai Nasdem OKU Timur, Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura, Senin (14/5/2018).

Ketua DPD NasDem OKU Timur Rio Susanto, SE,MM menjelaskan, sesuai dengan perintah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Surya Paloh jika pelaksanaan apel ini dilakukan Serentak se-Indonesia.

Dalam rilis Surya Paloh yang disampaikan Rio menjelaskan Partai NasDem mengutuk segala bentuk terorisme dan aksi radikalisme yang merusak kerukunan, persaudaraan, dan kekeluargaan diantara komponen bangsa.

“Partai NasDem mengutuk tindakan keji aksi brutal dan teror baik di Mako Brimob maupun terhadap umat beragama yang sedang melakukan ibadah Minggu di tiga gereja Surabaya yang mengakibatkan korban luka dan korban jiwa, baik aparat negara maupun masyarakat sipil dan anak-anak. Kemudian NasDem mendukung presiden untuk mengambil kebijakan strategis melakukan rekruitmen si dan reorganisasi fundamental atas semua lembaga negara terkait untuk memastikan usaha pencegahan dan pemberantasan aksi terorisme dan radikalisme dapat dilakukan secara efektif," tambahnya.

Dia juga menambahkan Partai NasDem mengajak segenap masyarakat untuk berdoa semoga korban luka segera sembuh dan korban yang meninggal dunia mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan.

Bahkan dirinya berharap masyarakat di OKU Timur yang meliputi Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Adat, dan seluruh lapisan masyarakat tetap bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, serta selalu menjaga kerukunan antar umat beragama dan selalu mengawasi, memantau dan menjaga bersama atas gerak-gerik, tindakan yang mengarah pada terorisme dan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya selaku Ketua DPD Partai NasDem OKU Timur mengutuk keras perbuatan tersebut. Kita harus bersama-sama menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama dan kesukuan kita yang selama ini telah berjalan baik, karena terorisme dan radikalisme merupakan musuh bangsa yang harus diberantas, karena tidak sejalan dengan Pancasila, UUD 1945 serta ajaran agama apapun. Kami keluarga besar Partai NasDem Kabupaten OKU Timur turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya prajurit polri dalam kerusuhan di Mako Brimob beberapa waktu lalu,”ujarnya.

Reporter : Dadang Dinata/Rody Hartono Editor : Juliandi