Berita :: GLOBALPLANET.news

Kades Bantan Induk, Kecamatan BP Peliung menyerahkan satu pucuk senjata api jenis revolver kepada pihak kepolisian, Senin (14/5/2018). Foto: (Dadang Dinata)

14 Mei 2018 20:04:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET.news - Kepala Desa (Kades) Bantan Induk, Kecamatan BP Peliung, Lettu Kenedi menyerahkan satu pucuk Senjata Api Rakitan (Senpira) jenis revolver ke Kepala Satuan (Kasat) Binaan Masyarakat (Binmas) Polres OKU Timur AKP Fauzi Saleh, SH, MM pada Senin (14/5/2018). Penyerahan Senpira kepada Kasat Binmas Polres OKU Timur berlangsung di kediaman Kades Bantan Induk.

“Kades Bantan ini menyerahkan satu pucuk senpira dari warganya kepada kami, semoga ini menjadi contoh masyarakat untuk tidak menyimpan, memiliki, menyembunyikan, membawa dan mempergunakan Senjata Api (Senpi) ilegal,” terang Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SIK melalui Kasat Binmas AKP Fauzi Saleh, SH, MM.

Pihaknya mengimbau kepada warga lainnya yang berada di OKU Timur untuk rela menyerahkan senjata api yang dimiliki kepada pihak kepolisian.

Dengan diserahkan ke polisi masyarakat maupun pemilik senpi tidak akan diproses hukum maupun tidak dikenakan sanksi apapun.

"Namun sebaliknya jika ada masyarakat yang kedapatan memiliki maupun membawa senjata api secara ilegal, akan dikenakan sanksi pidana berupa kurungan penjara sesuai dengan Undang undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman minimal 20 tahun penjara," tambahnya.

Penyerahan senpi yang dimiliki masyarakat bisa dilakukan melalui Kepala Desa dan Camat untuk kemudian diteruskan kepada Polsek terdekat. Selain masyarakat juga bisa menyerahkan langsung senpi yang dimiliki kepada pihak kepolisian tanpa harus takut dikenakan tindakan hukum.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Juliandi 327