Berita :: GLOBALPLANET.news

Panwaslu Empat Lawang adakan seminar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/5/2018). Foto: (Rody Hartono)

15 Mei 2018 18:44:27 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET.news - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Empat Lawang berkumpul bersama para Panwaslu se-Provinsi Sumsel dan para Panwascam se-Empat Lawang di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/5/2018).

Kedatangan mereka ini guna menghadiri kegiatan Panwaslu Empat Lawang dalam rangka Sosialisai Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 se-Sumatera Selatan.

Pantauan dilokasi kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Empat Lawang H. Syahril Hanafiah yang diwakili oleh Asisten satu Sekretariat Daerah Empat Lawang Rahmad Riyandi, Ketua Banwaslu Sumsel, Junaidi serta perwakilan dari Kodim 0405 Lahat dan Polres Empat Lawang.

"Apresiasi setinggi tingginya kepada Ketua Banwaslu Provinsi Sumsel karena telah melakukan pengawasan monitoring secara langsung disetiap daerah yang ada dengan melakukan touring ke setiap Kabupaten," Ujar Ketua Panwaslu Empat Lawang, Rudianto.

Ditempat yang sama Bupati Empat Lawang melalui Asisten satu Setda Empat Lawang Rahmad Riyandi menyampaikan semoga melalui sosialisasi yang digelar Panwaslu Empat Lawang ini berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

"Saya mewakili Bapak Bupati Empat Lawang dan segenap pemerintahan Kabupaten Empat Lawang mengucapkan selamat datang kepada Ketua Banwaslu Sumsel beserta dengan jajarannya yang telah hadir dalam sosialisasi pengawasan partisipatif," kata Riyandi dalam sambutanya.

Dikatakan Riyandi bahwa kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan selama proses Pilkada nantinya, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan tentunya nama baik pemerintah daerah Empat Lawang akan ikut tercoreng.

"Untuk itu marilah kita jaga bersama nama baik Empat Lawang dari zona merah tersebut," katanya mengakhiri pidato sambutannya.

Sementara itu dalam kesempatannya Ketua Banwaslu Provinsi Sumsel, Junaidi menyampaikan bahwa Panwaslu Empat Lawang sudah benar-benar siap dalam menjalankan tugas mereka sesuai dengan fungsi serta tupoksinya saat proses Pilkada dan juga Pilgub nantinya.

"Dalam menentukan pemilih tidak bisa diwakili oleh siapapun dan masyarakat umum wajib mengikuti karena menentukan pilihan suara, baik Pilgub maupun Pilkada masyarakat bebas memilih tanpa paksaan, serta tidak boleh menceritakan kepada siapapun pilihan kita jika bocor itu menjadi tindak pidana, karena ini bersifat rahasia," ujarnya yang sekaligus juga membuka secara langsung acara tersebut didepan tamu undangan lainnya.

Dijelaskan Junaidi, bahwa diruang tersebut sebanyak 15 Kabupaten/Kota yang hadir dari seluruh panwas yang ada se Provinsi Sumatera Selatan pada kesempatan sosialisai pengawasan partisipatif.

"ini bentuk kesiapan mereka, kekompakkan para Panwas kita sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum nanti," jelas Junaidi.

Untuk itu, Lanjut Junaidi. Masyarakat perlu membantu Banwaslu menyukseskan pengawasan supaya berjalan lebih efektif karena masyarakat merupakan bagian dari peranan pengawasan.

"Upaya kami mengajak seluruh rakyat dalam mengawasi Pemilu karena pengawas yang paling efektif harus adanya partisipatif dari rakyat, marilah bersama dengan Banwaslu kita tegakkan keadilan dalam pemilu ini," tandasnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : Juliandi 255