Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi: (Ist)

15 Mei 2018 19:55:19 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Panitia lokal Asian Games terus mematangkan persiapan, termasuk mengakomodir kesiapan hotel berstandar internasional sebagai sarana penginapan bagi official, wasit dan kepanitian .

"Sejauh ini baru 7 hotel yang terkonfirmasi dalam rangka mendukung Asian Games," kata Asisten Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel, Edwar Juliartha usai rapat pembahasan persiapan hotel dalam rangka Asian Games dan rencana promosi produk unggulan Sumatra Selatan melalui hotel-hotel di Palembang, di ruang rapat Bina Praja, Selasa (15/5/2018) sore.

Ia menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk mengupdate data-data, berapa jumlah hotel yang sudah terkonfirmasi. Dan tadi seperti saya bilang sekitar 7 hotel berbintang yang sudah pasti.

Selain soal hotel, Edwar juga mengungkapkan, provinsi juga akan melakukan promosi produk unggulan Sumatra Selatan melalui hotel-hotel yang nantinya sudah ditetapkan sebagai hotel untuk Asian Games.

"Yang dipromosikan itu, souvenir, kerajinan-kerajinan dari UKM, termasuk juga kain songket," ujarnya.

Sementara itu, Person In Charge (PIC) Hotel dari INASGOC di Palembang, Lexi Yulinda membenarkan, memang baru tujuh hotel yang sudah terkonfirmasi. Novotel, Arista, Aryaduta, Grand INNA, Batiqa, Santika dan 101 Rajawali.

"Terakhir yang sudah terkonfirmasi 7 hotel itu, total yang betul-betul sudah fix dan telah melakukan kontrak," katanya.

Ia menjelaskan, jadi setiap hotel itu, dilakukan inspeksi dulu, pihak hotel harus memberikan company profile, bagaimana fasilitas-fasilitasnya, termasuk detail kamar-kamarnya. Dan setelah itu pihak Jakarta yang memprosesnya sesuai kriterianya. Untuk kriterianya yang menentukan pihak Jakarta.

"Untuk saat ini dari 7 hotel yang sudah terkonfirmasi belum bisa memastikan berapa jumlah hotel dan kamar yang dibutuhkan. Selain karena prosesnya dari kepanitiaan di Jakarta, hotel-hotel Asian Games ini juga harus memenuhi kriteria internasional, sesuai ketetapan dari INASGOC," ujarnya.

Ia menambahkan, fasilitas hotel diperuntukkan bagi official, wasit dan kepanitiaan.

"Kalau para atlet akan ditampung di wisma atlet semua," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Juliandi 168