Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. (Foto: Ist)

16 Mei 2018 18:53:11 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Rentetan aksi terorisme yang terjadi dalam sepekan terakhir ini, tidak menyurutkan langkah Indonesia untuk menggelar ajang olahraga paling bergengsi di Asia, Asian Games XVIII, di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

Pemerintah dan Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) serta Penyelenggara Asian Para Games (Inapgoc), memastikan bahwa persiapan tidak terganggu atau tetap berjalan sesuai rencana.

"Persiapannya sudah maksimal. Aksi teror yang terjadi tidak akan mempengaruhi kesiapan Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Tapi kita harus tetap waspada akan hal-hal yang tidak diinginkan," kata Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, saat dibincangi di Kantor Gubernur, Rabu (16/5/2018).

Menurut Alex, aksi teror bom yang terjadi pastinya sudah ditangani secara optimal oleh kepolisian, karena indentitas pelaku langsung diungkap pada hari kejadian. Selain itu, beberapa terduga teroris juga berhasil ditangkap di beberapa lokasi, termasuk salah satunya di Palembang.

"Tidak perlu khawatir, karena nanti saat Asian Games ada standar keamanan yang ketat sesuai dengan ketentuan Dewan Olimpiade Asia," ujarnya.

Saat ini, kata Gubernur Sumsel, Palembang masih berusaha menyelesaikan pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT), Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, Jalan Tol, dan fasilitas umum lainnya.

"Semua fasilitas itu ditargetkan selesai pada Juni 2018, sehingga masih ada masa satu bulan untuk uji coba sebelum benar-benar digunakan pada Agustus mendatang. Untuk arena pertandingan di Jakabaring Sport City, sudah rampung 100 persen. Pekerjaan saat ini tinggal menyisakan bagian luar arena, seperti pembuatan taman, perbaikan saluran air, dan jalan," beber Alex.
 

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Amizon 110