Berita :: GLOBALPLANET.news

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi bersama Plt Kepala DPMPTSP Muba, Erdian Syahri saat meluncurkan aplikasi perizinan olnine. (Foto: Amarullah Diansyah)

17 Mei 2018 15:46:23 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Peningkatan pelayanan terus diberikan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kali ini, aplikasi perizinan oline diluncurkan, guna mempermudah masyarakat maupun pelaku usaha mengurus izin usaha di Bumi Serasan Sekate.

"Pembuatan aplikasi ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi dimana masyarakat dan pelaku usaha menginginkan pelayanan perizinan dengan cepat, mudah, dan transparan," ujar Plt Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muba, Erdian Syahri, Kamis (17/5/2018).

Bagi maayarakat atau pelaku usaha yang ingin melakukan pengurusan online, sambung dia, cukup membuka website http://dpmptsp.mubakab.go.id. Dimana untuk saat ini baru terdapat 16 izin dan non izin yang bisa di daftarkan melalui online.

Ke 16 izin tersebut yakni Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Menara, Izin Pendirian Klinik, Izin Survei/Penelitian, Izin Usaha Perdagangan (IUP), Izin Penyelenggaraan Kursus, Izin Usaha Toko Modern ( IUTM), Izin Memanfaatkan Tenaga Asing (IMTA).

Selanjutnya, Izin Usaha Industri, Izin Pendirian Sekolah, Izin Ulang Pembuangan Air Limba ke Air dan Sumber Air, Tanda Daftar Perusahaan, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (IUTM), SPPL, dan SPPL MBR.

"Jadi, tidak perlu lagi datang ke kantor kita untuk mengajukan permohonan izin, segala prosedur pembuatan perizinan dan non perizinan lebih mudah, serta waktu pembuatan akan lebih cepat, kini baik warga maupun pelaku usaha yang ingin membuat izin di Muba cukup mengakses website kita," jelas dia.

Sementara, Plt Bupati Muba, Beni Hernedi mengatakan, adanya aplikasi perizinan online sendiri salah satu langkah perubahan dengan memberikan terobosan inovasi yang merupakan bagian dari reformasi birokrasi dalam memberikan pelayanan secara transparan. "Aplikasi ini sangat bagus, karena bisa mengurangi tipikor dan mempermudah bagi masyarakat dalam membuat izin," tandasnya.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 222