Berita :: GLOBALPLANET.news

Ribuan masyarakat Desa Sumber Mulyo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur mengadakan Karnaval Gema Takbir Keliling, Kamis (14/06/2018). (Foto: globalplanet.news/nadya elrani)

14 Juni 2018 22:30:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET.news - Menyambut hari raya idul fitri 1439 H yang jatuh pada esok hari, ribuan masyarakat Desa Sumber Mulyo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur mengadakan Karnaval Gema Takbir Keliling. Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun di balai desa Sumber Mulyo sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setelah melewati bulan Ramadan.

Kepala Desa Sumber Mulyo, M. Nasir yang membuka langsung acara tersebut mengatakan bahwa sebenarnya acara ini hanya diikuti oleh masyarakat desa Sumber Mulyo saja. "Setiap tahun masyarakat desa ini selalu melakukan acara takbir keliling, mereka kompak. Sebenarnya hanya desa ini saja pesertanya, namun karena meriah sehingga mengundang masyarakat dari desa lain untuk ikut meramaikan," terangnya kepada GLOBALPLANET.news, Kamis (14/06/2018).

Menurutnya, setiap dusun di desa Sumber Mulyo mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba. "Jadi nanti di akhir acara kita akan membagikan hadiah untuk kategori kumandang takbir terbaik. Namun sebelum itu mereka akan melakukan pawai keliling desa dengan rute yang telah ditentukan. Untuk start dan finishnya kita di sini, di balai desa," sambungnya.

Tidak hanya menyiapkan suara untuk kumandang takbir terbaik, para peserta yang mengikuti lomba juga memiliki ide-ide kreatif untuk menarik perhatian. Mereka yang mengendarai mobil membawa perlengkapan seperti sound system sampai bedug untuk menabuh. Ada pula sekumpulan anak-anak membawa obor dengan tema tempo dulu, sampai remaja masjid yang berdandan layaknya hantu khas Indonesia. Selain peserta lomba, banyak juga penonton yang ikut memeriahkan acara tersebut sehingga menimbulkan kemacetan kurang kebih 500 meter dari lokasi acara.

Nasir berharap dengan adanya acara ini masyarakat Sumber Mulyo semakin kompak dan selalu menjunjung tinggi kebersamaan. "Selain wujud rasa syukur kita terhadap Allah SWT atas datangnya bulan Syawal, ini juga menjadi bentuk kekompakan masyarakat Sumber Mulyo. Saya berharap acara ini bisa menjadi syiar Islam yang baik," tutupnya.

Reporter : Nadya Elrani Editor : Taufiq Akbar 483