Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana penyerahan hadiah lomba menulis esai yang diselenggarakan oleh Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo, MM. (Foto: Eko Jurianto)

01 Juli 2018 19:00:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Lomba menulis esai yang diselenggarakan oleh Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo, MM, merupakan satu langkah untuk mewujudkan generasi literasi yang memiliki kreatifitas dan intelektual yang tinggi.

Lomba menulis tahap ke-2 ini juga sebagai peringatan hari ulang tahun kabupaten pali yang ke-5 tahun 2018, di ikuti oleh sebanyak 91 orang peserta yang berasal dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Mahasiswa yang tercatat sebagai warga PALI.

Dengan mengambil tiga tema yakni, "Sudut pandang terhadap perilaku masyarakat PALI, Konsep pembangunan lingkungan untuk PALI Cemerlang, dan PALI Cemerlang dan kearifan lokal tak hilang.

"Peserta berasal dari Universitas dan perguruan tinggi baik di dalam Provinsi Sumatera Selatan maupun di luar Provinsi, dan Pelajar tingkat SMA sederajat yang harus tercatat sebagai warga PALI. Sedangkan untuk dewan jurinya berasal dari kota Palembang, baik dari Balai bahasa dan sejumlah Jurnalis senior," jelas ketua pelaksana Irwansyah, SPd MSI, Minggu (1/7/2018) saat laporan penutupan kegiatan lomba tersebut.

Selain itu, Irwansyah juga menjelaskan bahwa Lomba menulis tahap kedua tersebut telah dilaksanakan sejak April 2018 hingga Juni 2018, dengan tahapan menyeleksi sebanyak 10 tulisan esai terbaik tingkat mahasiswa dan 15 tulisan terbaik ditingkat pelajar.

"Hadiah utama sendiri sama dengan kegiatan pada sebelumnya, yaitu berkesempatan keliling benua Eropa untuk juara pertama. Jadi ada dua orang peserta yang berkesempatan untuk berkeliling benua Eropa, satu peserta tingkat Mahasiswa dan satu peserta tingkat Pelajar. Selain itu, untuk seluruh peserta akan mendapatkan piangam dan uang pembinaan," Tambahnya.

Sementara itu, Bupati PALI Heri Amalindo yang menutup langsung kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai langkah pembangunan karakter dan literasi generasi yang ada di Bumi Serepat Serasan.

"Literasi pembangunan pendidikan adalah salah satu penunjang kemajuan suatu daerah, dengan demikian adanya lomba menulis esai ini akan menciptakan karakter generasi penerus yang cerdas dan kreatif. Dengan lomba menulis esai makan akan menimbulkan niat untuk membaca, barulah mereka dapat menulis," jelas Bupati, seraya menutup kegiatan tersebut dan membagikan hadiah pada para pemenang.

Selain sebagai ajang untuk mengasah kemampuan menulis, sebagai pemerintah, kami juga dapat mengetahui kondisi yang terjadi di setiap sudut kabupaten, dengan demikian kami dapat mengetahui apa yang dibutuhkn oleh masyarakat.

"Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil menjadi yang terbaik. Selain itu kami juga mengingatkan kepada seluruh generasi muda kabupaten PALI yang belum berhasil untuk mencoba dan mencoba lagi, sebagai pemuda yang memiliki semangat,"  imbuhnya

Selain itu, Bupati menjajikan bahwa kegiatan ini akan terus berkesinambungan, dan akan berkoordinasi dengan pihak lainnya bagaimana untuk peningkatan kedepannya, dan bagaimana materi yang akan di lombakan sebagai peningkatan mutu.

"InsyaAllah pada peringatan sumpah Pemuda nanti sebagai kegiatan ke tiga dan Desember 2018 sebagai kegiatan yang ke empat kemudian Febuari 2019 sebagai kegiatan ke lima, dan nantinya akan terus kita laksanakan," tutupnya.

Salah satu pemenang yang berhasil keluar sebagai yang terbaik dan mendapatkan kesempatan berkeliling benua Eropa di tingkat mahasiswa, yakni Ariska yang tercatat sebagai mahasiswa politeknik Sriwijaya jurusan tehnik kimia, menuliskan bahwa dirinya berharap dalam tulisannya kabupaten PALI sebagai kabupaten produksi.

"Intinya dalam tulisan esai yang saya buat adalah setiap desa dikabupaten PALI memiliki produk atau ciri khas tersendiri, dengan demikian kabupaten PALI dapat menjadi kabupaten yang Produktif," pungkasnya. (ADV)


Daftar pemenang tingkat Pelajar SMA sederajat

Juara

1. Rian Sanjaya, SMK N Sumsel

2. Meisin Neli Elinda, SMA N 1 Talang ubi

3. Felig, SMA N 1 Talang ubi

Harapan

1. Rinda Anggra, SMA N 1 Tanah Abang

2. nurul Rahmadina, SMA YKPP Pendopo

3. Anisa Fitri, SMK Sumsel


Tingkat Mahasiwa

Juara

1. Ariska, Politek Sriwijaya Palembang

2. Wahyu Dwi, UPI Bandung

3. Meli Asmadeti, Unsri Palembang

Harapan

1. Pildi, Unsri Palembang

2. Ica Sintia, Unsri Palembang

3. Arian sanjaya, Unsri Palembang

 

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 869