Berita :: GLOBALPLANET.news

Penulis Naskah Puyang The Spirit of Talang Tuo, T Wijaya. (Foto: Ist)

24 Juli 2018 12:12:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Teater Potlot kembali akan mempersembahkan karya terbarunya, dalam produksi yang ke-32, Potlot akan mempersembahkan “Puyang The Spirit of Talang Tuo”. Pertunjukan akan digelar pada 26 Juli 2018 di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Penulis naskah Puyang The Spirit of Talang Tuo, Taufik Wijaya mengatakan, digambarkan Puyang dalam naskah drama tersebut merupakan metamorfosa alam bersama manusia, sementara itu makhluk hidup lainnya menandai bentang alam hari ini.

Puyang juga merupakan sebuah diksi yang mengingatkan pada dunia teks environtmental theatre, sebagai bertutur kembali tubuh dan benda-benda alam dimasa lalu, sebuah peradaban ekosentrisme dengan teks besarnya etika ekologis.

“Untuk pelakon drama sendiri ada Wahidah Shella Nuraini, Resi Aprilia, Aji Mewan Atmaji, Robby Saputra, Feri Setiawan, Sulva Nawangsari, Mahaesa Parda Illa, Mega Suci Lestari, Carissa Noviandari, Dinda Ayuningtyas, Nike Rositalisa , M Deni. Sedangkan untuk video, Yudi Sema’i, bagian musik ada Asep Supriadi dan grafis ada Ferdiansemai,’ ungkapnya kepada GLOBALPLANET.news, Selasa (24/7/2018).

Dijelaskannya, dalam drama ini juga bercerita tentang Puyang yang merupakan kenyataan pahit atas pengelolaan lanskap hari ini, Puyang juga merupakan hasil diskusi lanskap yang tidak tahu kapan berakhir seperti metafora yang letih membahasakan ingatan masa lalu, memori bersama, pesan leluhur terhadap jagat alam.

Dia mengatakan, Puyang dan teater ini adalah suara ucap yang bertutur di wilayah “lain” yang mungkin belum tertanda lewat narasi masa lalu seperti prasasti Talang Tuo Sriwijaya. “ Teater ini akan bercerita tentang prasasti Talang Tuo Sriwijaya. Kita ingin menjaga spirit Talang Tuo agar lanskap kita tetap terjaga,” ucapnya.

Reporter : Karerek Editor : M.Rohali 578